5 Bentuk Konten yang dapat Menarik Backlink

5 Bentuk Konten yang dapat Menarik Backlink

Bagaimana Anda menampilkan sebuah konten sama pentingnya dengan apa yang Anda tulis.

Tergantung pada bagaimana Anda menyusun konten Anda, apa yang Anda masukkan di dalamnya, dan format media apa yang Anda gunakan untuk menampilkannya, hasil yang Anda lihat akan berbeda.

Beberapa posting-an sangat bagus untuk disebarkan melalui media sosial, tetapi posting-an tersebut mungkin tidak menarik banyak backlink. Posting-an lain dapat membuat banyak keterlibatan (engagement) audiens. Beberapa bahkan dapat membantu Anda memulai hubungan yang berharga dengan influencer.

Semua konten yang Anda hasilkan harus dengan tujuan akhir yang sudah Anda pikirkan sebelumnya. Anda harus mengetahui apa yang ingin dicapai.

Salah satu tujuan yang paling umum dan penting dari sebuah konten adalah untuk menarik link. Link masih merupakan bagian utama dari SEO dan mungkin untuk masa yang akan mendatang.

Backlink ke posting-an tidak hanya membantu peringkat posting tertentu yang lebih baik di search engine, tetapi juga membantu semua posting-an lain di situs Anda. Dapatkan kualitas link yang cukup, dan Anda akan mendapatkan puluhan ribu pengunjung dari organic search ke situs Anda.

Berikut panduan untuk 5 bentuk konten terbaik yang dapat menarik tidak hanya kuantitas dari link, tetapi juga link berkualitas tinggi.

1) Orang-orang Sangat Suka dengan List Post

Apa itu list post? List post adalah suatu konten atau artikel yang mempunyai format berbentuk daftar, urutan atau rincian. Misalnya berisi sejumlah daftar alasan, jenis, cara, metode, saran, tips, dan sebagainya. List post fokus pada topik tertentu, menawarkan sejumlah poin mengenai topik tersebut, dan memberikan kesimpulan singkat.

Dalam sebuah studi mendalam tentang lebih dari 220.000 artikel yang di publish dari Juni 2014 sampai November 2014, Fractl dan BuzzStream menemukan bahwa list post adalah jenis yang paling shareable.

image114

Tapi sebelumnya, sebuah analisis dari 100 juta artikel oleh Buzzsumo dan Okdork, list post hanya kalah dari infografik.

image084

Yang menarik di sini adalah popularitas jenis konten yang shareable berubah drastis setiap bulan.

Yang paling penting untuk diperhatikan di sini adalah list post sangat konsisten,  yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih stabil dengan membuat konten jenis list post. Hal ini membuat lebih mudah untuk menentukan Return On Investment (ROI).

Sebagai contoh, berikut ini beberapa top post yang di publish di Boost Blog Traffic dan menjadi salah satu bukti mengapa list post menjadi salah satu tipe konten yang sangat bagus. Tiga dari empat artikel di bawah ini adalah list post dengan pembahasan yang mendalam.

image094

Namun di awal tadi, kita sudah membahas tentang konten yang dapat memproduksi link. Orang-orang juga suka membuat link ke list post. Anda bisa lihat di bawah ini, selain homepage, dua top post dari Boost Blog Traffic (dalam hal merujuk pada domain) adalah list post.

Mengapa orang-orang menyukai list post? Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang mengeluh tentang harus membaca “hanya list post yang lain lagi”, list post tetap salah satu jenis konten yang paling populer. Itu karena sebuah list memiliki beberapa hal penting:

  • List post bisa membuat seorang pembaca tahu seberapa banyak perhatian yang akan mereka habiskan untuk membacanya.
  • List post bisa dibaca dengan sekilas. Hampir semua pembaca membaca artikel dengan sekilas. Karena biasanya setiap list adalah suatu subjudul, hal tersebut memudahkan pembaca untuk mendapatkan inti dari artikel tersebut dengan cepat.
  • List post membuat rasa ingin tahu muncul. Ini hampir seperti ujian. Dapatkah Anda menebak cara X untuk melakukan sesuatu? Tentu, Anda mungkin tahu satu atau dua caranya, tetapi meninggalkan rasa ingin tahu yang besar pada cara yang lainnya.

Alasan terakhir mengapa list post sangat bagus untuk Anda karena list post adalah salah satu konten yang paling murah untuk dibuat. Sangat jarang untuk membuat list post membutuhkan biaya yang banyak.  Dan sekarang waktunya untuk  mengetahui cara membuat list post.

Langkah 1 – Pilih topik mana yang lebih baik: masalah yang mungkin Anda alami adalah kebanyakan penulis membuat list post secara teratur, baik sengaja atau karena kecelakaan.

Apakah ini berarti bahwa ada banyak kompetisi ketika membuat list post. Cukup cari tentang topik apapun, dan Anda akan menemukan setidaknya beberapa list post.

Untuk mendapatkan seseorang untuk link ke Anda, Anda perlu menghasilkan konten yang layak dihubungkan. Jika Anda hanya menghasilkan list yang sama seperti yang lain, akan sulit mendapatkan seseorang untuk link ke Anda.

Mana yang terdengar lebih mengesankan untuk Anda:

“6 Snacks Rendah Kalori yang Bagus untuk Diet” atau “56 Snack Rendah Kalori yang Bagus untuk Diet”

Bahkan, tanpa melihat setiap artikel, Anda dapat memberitahu pilihan kedua akan menjadi lebih mengesankan. Apa yang ingin Anda lakukan adalah menemukan topik dalam niche Anda yang mana lebih banyak lebih baik.

Beberapa topik tidak bekerja dengan baik dengan list post. Tidak ada yang tertarik “60 Cara untuk Menggunakan Gunting,” atau “25 Cara Menggunakan Sendok.”

Secara umum, Anda ingin mencari topik dimana list post sudah bekerja dengan baik. Jika Anda mencari sebuah frase atau keyword dan melihat tiga atau empat list post lain dalam peringkat atas.

5 Bentuk Konten yang Menarik Banyak Backlink

Idealnya, Anda menemukan posting yang lebih pendek. Melihat dari hasil di atas, akan menjadi lebih sulit untuk membuat sebuah konten yang jauh lebih baik daripada membuat sebuah list yang panjang. Tapi itu masih mungkin jika Anda benar-benar ingin menargetkan keyword tersebut.

Selain membuat posting yang lebih panjang, Anda juga dapat membuatnya:

  • Lebih rinci
  • Lebih visual/ lebih mudah diterapkan
  • Lebih mudah diakses (mungkin versi cetak atau download)

Anda harus melihat setiap artikel yang ada peringkat atas yang telah dicari sebelumnya, lalu melihat sesuatu apa yang kurang. Beberapa hal akan terlihat jelas, tetapi Anda juga dapat melihat komentar-komentar dari setiap artikel untuk jadi petunjuk tentang apa yang kurang dan apa yang bisa ditingkatkan.

Anda dapat memilih keyword atau frase yang ingin Anda targetkan dan memeriksa apakah itu bagus untuk digunakan. Jika Anda hanya ingin mencari kata kunci yang paling cocok dengan list post, gunakan Adword Keyword Planner untuk mencari yang:

  • (niche) Terbaik
  • Tips (niche)
  • Cara untuk  (niche)

Hanya dari pencarian tersebut, Anda bisa membuat judul:

  • X (jumlah) Strategi marketing terbaik
  • X (jumlah) Konsep marketing terbaik
  • X (jumlah) Tips marketing terbaik

Dan Anda bisa mengganti “marketing” dengan keyword yang berkaitan dengan yang lain untuk mendapatkan lebih banyak ide.

Langkah 2 – Menulis list Anda, dan memformatnya: Membuat artikel akan mengambil sebagian besar waktu Anda. Pertama, putuskan bagaimana Anda membuat peningkatan dari artikel yang sudah ada.

Ingat, list Anda tidak perlu lebih panjang. Jika Anda dapat membuatnya lebih berharga dengan cara lain, lakukan itu.

Penelitian dari Jounal of Consumer Research telah menunjukkan bahwa list dengan 10 item mendapat sosial share yang paling banyak. Bahkan, list dengan model tersebut mendapatkan 4 kali lebih banyak sosial share dibandingkan dengan 23 item. Dengan adanya hal tersebut posting atau artikel yang panjang kurang bekerja dengan baik.

Anda bisa membuat layout posting Anda dengan:

  • Pengantar
  • List Anda
  • Kesimpulan

Gunakan pengantar Anda untuk menjelaskan kepada pembaca mengapa topik ini penting dan bagaimana list tersebut dapat membantu mereka. Gunakan kesimpulan untuk menyoroti item terbaik pada list tersebut dan untuk terlibat dengan pembaca. Ini seperti percakapan: Anda menyapa seseorang, dan Anda mengucapkan selamat tinggal di akhir pertemuan.

Membuat konten yang bisa membuat pembaca terlibat dengan Anda, memang bukan sesuatu yang mudah. Teknik copywriting bisa digunakan untuk membuat pembaca terlibat, bahkan dapat membuat mereka terpengaruh dengan apa yang Anda tulis. Misalnya, Anda membuat sebuah konten penawaran di mana penawaran tersebut sulit untuk ditolak pembacanya.

Dengan menerapkan seluruh teknik pada ebook ini, maka dengan mudah Anda dapat sebuah penawaran yang sulit untuk ditolak -> Kuasai copywriting, penawaran Anda jadi sulit untuk ditolak

jb_instagram_cw

2) Membuat Sebuah Panduan

Tidak banyak marketer yang meluangkan waktu dan usaha untuk membuat panduan yang “terbaik.” Setiap panduan merupakan kumpulan puluhan ribu kata-kata dan memiliki desain khusus yang membedakannya satu sama lain.

Ketika Anda menulis sebuah panduan, tujuan Anda adalah untuk menciptakan sebuah “panduan lengkap.” Jika topik yang Anda tulis muncul dalam sebuah diskusi di forum atau di media sosial, Anda ingin orang-orang dapat link ke panduan Anda dan mengatakan “ini adalah semua yang Anda butuhkan.”

Jika Anda melakukannya dengan baik, Anda akan menarik banyak link dan selanjutnya menghasilkan traffic.

Membuat panduan yang “lengkap” memang tidak mudah. Hal ini akan memerlukan beberapa (mungkin lebih dari seratus) jam untuk membuat atau akan dikenakan biaya jutaan untuk meminta orang lain membuatnya untuk Anda. Jika Anda berhemat, mungkin Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda langsung bisa memposisikan diri sebagai pemimpin di niche Anda (misalnya, SEO) dengan menciptakan panduan seperti ini. Menciptakan lebih banyak dan Anda akan dianggap sebagai pemimpin dalam sebuah topik yang lebih luas (misalnya, marketing).

Jika Anda sedang mempertimbangkan membuat investasi seperti itu, inilah yang akan perlu Anda lakukan.

Langkah 1 – Cari topik dan ruang lingkup: Topik dan ruang lingkup akan membantu menentukan seberapa mahal panduan yang akan dibuat. Ingat, ini adalah panduan “lengkap”. Perlu berisi semua tentang topik yang Anda pilih.

Jika Anda memilih topik yang benar-benar luas, seperti “Panduan Lengkap untuk Marketing,” Anda harus menulis ratusan ribu kata. Buatlah panduan yang berisi sekitar 5.000-10.000 kata tetapi mencakup segala sesuatu tentang topik tersebut daripada terlalu luas lalu meninggalkan hal-hal lebih penting dan menghabiskan banyak biaya dengan percuma.

Perhatikan bahwa Anda dapat membatasi ruang lingkup Anda dengan cara lain juga. Sebagai contoh, Anda bisa membuat panduan untuk “online marketing,” tapi untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa memberikan informasi tentang segala sesuatu yang pemula perlu tahu.

Langkah 2 – Merancang panduan: Jika Anda akan menggunakan jasa seorang penulis, sekarang adalah waktunya.

Anda tidak bisa hanya menggunakan jasa penulis yang biasa-biasa saja, Anda perlu seorang penulis yang memang bagus dan kompeten. Segala sesuatu tentang panduan Anda perlu dibuat dengan proses yang baik agar hasilnya juga baik.

Anda juga bisa ber-partner dengan orang lain seperti seorang editor untuk membuat sebuah panduan. Buat sebuah outline untuk semua topik utama yang dibahas, mirip dengan daftar isi.

5 Bentuk Konten yang dapat Menarik Backlink

Kemudian, buat outline untuk masing-masing bagian ini. Buat halaman/posting terpisah. Setelah itu Anda bisa menulis artikel tersebut, namun hal yang perlu diingat adalah tulis sesuatu yang berkualitas.

Langkah 3 – Cari seorang desainer: Kebanyakan penulis dan marketer mungkin bisa mengumpulkan custom image yang simpel bila diperlukan, tapi untuk panduan seperti ini, Anda memerlukan beberapa keahlian yang berbeda.

Anda harus mengedit gambar, font, background, ditambah mata yang berpengalaman untuk meletakkan semuanya dengan cara yang terbaik. Sebagai contoh, konten di bawah ini memerlukan seorang desainer untuk membuatnya.

Infografik-5-Langkah-Menjaga-Makanan-Tetap-Aman

Anda juga tidak bisa berhemat di sini, atau kualitas panduan Anda akan kurang bagus. Anda bisa mencari seorang desainer untuk membuat layout panduan Anda.

3) Membuat Karya Seni Web (alias Infografik)

Infografik saat ini merupakan jenis konten yang sangat bagus. Ketika infografik tersebut merupakan hal yang baru, infografik tersebut bisa menjadi viral karena orang bisa sangat tertarik dengan infografik.

Langkah 1 – Pilih topik yang tepat: Infografik adalah sesuatu yang bagus karena dapat berkomunikasi dengan hampir semua jenis pesan. Namun, infografik yang didasarkan pada data atau pembahasan suatu topik yang berbentuk step by step akan bekerja dengan baik.

L-Carnitine-Solusi-Cerdas-Turunkan-Kolesterol-Anda

Melakukan research terhadap data yang Anda butuhkan dapat memakan waktu yang cukup lama, tapi hal tersebut akan menuai hasil yang bagus.

Langkah 2 – Cari desainer yang bagus: seperti sebelumnya Anda bisa mencari desainer yang ahli membuat infografik, atau menggunakan jasa agency.

Visual.ly adalah agency paling populer untuk membuat infografik, tapi itu tidak murah.  Anda biasanya dapat menghemat uang dengan mempunyai desainer Anda sendiri, tetapi mungkin Anda harus bekerja lebih keras.

Selain itu, pertimbangkan jika Anda ingin meningkatkan level Infografik Anda dengan membuat sebuah “gifographic.”

Gifographics tersebut seperti “gifs” yang dapat Anda lihat melalui internet. Mereka menggabungkan animasi dengan infografik. Hal tersebut akan menarik link ekstra dan sosial shares tetapi membutuhkan biaya lebih untuk membuatnya. Anda bisa melihat contoh gifographic di sini.

4) Buatlah Influencer Terlihat Menakjubkan

Dengan Link yang berkualitas, Anda akan mendapat eksposur ribuan orang di niche Anda, banyak yang dari mereka mungkin me- link Anda dalam forum, diskusi media sosial, atau website mereka sendiri. Satu link tersebut kemungkinan akan menghasilkan beberapa link lagi.

Bagaimana jika Anda bisa “memaksa” influencer untuk membuat link ke Anda? Anda hanya perlu membuat mereka terlihat menakjubkan. Berikut ini caranya.

Langkah 1 – Pilih target influencer: Pekerjaan pertama Anda adalah untuk memilih 5-10 influencer yang ingin berhubungan dan mendapatkan sebuah link.

Urutkan mereka dari yang paling favorit ke yang tidak. Dengan strategi ini, Anda hanya dapat menargetkan satu atau dua influencer pada satu waktu, tetapi Anda dapat mengulangi strategi ini sebanyak yang Anda inginkan.

Langkah 2 – Ikuti saran mereka: Ketika Anda mencapai ke tingkat popularitas tertentu, blog atau website Anda seperti menjadi ruangan bergema. Anda akan mendapatkan ratusan komentar dan email  yang mengatakan “postingan-an yang sangat bagus, benar-benar membantu,” tapi Anda tidak pernah tahu jika pekerjaan Anda benar-benar membantu pembaca Anda.

Terkadang email atau komentar yang dating bisa menghadirkan senyum di wajah Anda. Para pembaca tidak hanya melakukan saran Anda, tapi mereka juga mendapat hasil yang bagus juga.

Ini adalah apa yang Anda akan lakukan. Pilih satu atau dua saran yang bagus, terapkan, dan dokumentasikan segala sesuatunya dari awal sampai akhir. Jika memungkinkan, praktekan setiap teknik yang telah mereka sarankan.

Saran tersebut bisa dari blog, tapi lebih baik jika itu dari sebuah produk. Jika Anda dapat berbagi kisah sukses dari produk yang Anda beli, influencer juga dapat menampilkan kisah sukses tersebut sebagai testimonial.

Langkah 3 – Beritahu mereka hasil yang Anda dapat: selanjutnya adalah berhubungan dengan influencer. Yang perlu Anda lakukan adalah memberitahu hasil Anda yang Anda dapat dalam email singkat (atau memberi comment pada halaman yang relevan).

Langkah 4 – Dapatkan link bagus: Jika Anda mampu menunjukkan bahwa Anda mendapat hasil yang bagus dengan mengikuti saran dari target influencer Anda, mereka akan meminta lebih rinci. Berikan detailnya, dan bantu mereka menulis sebuah case study jika mereka tertarik.

Selain itu, Anda dapat menulis posting tentang hasil yang Anda dapat di blog atau website Anda sendiri dan berbicara tentang influencer Anda. Kemudian, kirim email ke mereka, link yang terhubung dengan konten Anda. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan link langsung, waktu berikutnya influencer Anda ingin menyoroti kisah sukses dalam posting-an, kemungkinan besar mereka akan link ke Anda. Bahkan, hal itu mungkin terjadi beberapa kali di masa depan.

Semakin terkenal influencer yang Anda target, kualitas link akan semakin bagus, tetapi kerja keras akan dibutuhkan untuk membuat influencer terkesan.

Atau, Anda bisa target influencer yang kurang populer atau karena mereka lebih mungkin untuk link ke Anda beberapa kali kedepannya.

5) Tunjukan Pada Komunitas Bahwa Anda Peduli

Komunitas Anda dipenuhi dengan influencer, small blogger, pembaca, dan pehobi tertarik dengan niche Anda. Jika Anda ingin menarik banyak perhatian dan link, Anda perlu membuat sesuatu yang membuat semua orang peduli.

Langkah 1 – Cari masalah yang kompleks yang sangat membutuhkan: Sejauh ini masalah yang paling umum untuk blogger dan para pehobi adalah bahwa tidak ada cukup dukungan untuk passion mereka.

Mereka ingin memperkenalkan pada yang lain, hobi atau ketertarikan mereka tanpa terlihat bodoh atau aneh.

Dalam marketing niche, misalnya semua orang selalu mencari statistik sehingga mereka dapat mendukung saran mereka.Jika Anda dapat menemukan aspek tertentu dari marketing di mana statistik tersebut kurang, Anda bisa membuatnya.

Bahkan perusahaan besar seperti Hubspot terus berinvestasi dalam menganalisis data untuk menghasilkan statistik yang berguna bagi komunitasnya karena hal tersebut berhasil. Data yang bagus akan menarik banyak link.

Langkah 2 – Investasikan waktu dan usaha: Alasan mengapa konten seperti ini mendapat begitu banyak link karena konten tersebut benar-benar berharga. Dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk membuat.

Cari tahu data apa yang paling menarik untuk komunitas Anda dan temukan cara untuk mewujudkannya. Anda mungkin harus melakukan survei satu per satu, menganalisis banyak sekali data (bagus untuk niche online), atau melakukan tes produk secara personal.

Anda mungkin tidak memiliki keterampilan untuk melakukan penelitian seperti yang ditampilkan di atas Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba bekerja sama dengan orang yang mungkin memiliki akses data namun belum di-publish.

Langkah 3 – Pilih data yang paling menarik dan sajikan:  Anda harus menyajikan data Anda dengan cara yang menarik. Buat grafik dan diagram dari data yang paling menarik. Hal tersebut akan membantu menyebarkannya di media sosial. Contohnya, posting-an di Okdork ini memiliki grafik yang menarik dengan embed code yang bisa digunakan untuk dipasang di website yang lain.

image124

Anda juga bisa menciptakan infografik dari data Anda tersebut. Jika Anda telah memilih topik yang bagus, mereka akan menyukainya dan menyebarkannya untuk Anda.

Kesimpulan

Tidak semua bentuk konten akan mendapatkan hasil yang sama di setiap niche. Disarankan agar Anda mencoba setiap jenis konten yang disebutkan di sini dua sampai tiga kali selama beberapa bulan ke depan, kemudian melacak berapa banyak Anda menghabiskan waktu untuk membuat dan apa hasil yang Anda mampu mencapai. Berdasarkan hal tersebut, Anda dapat lebih fokus pada jenis konten yang paling efektif untuk website Anda. Ingat bahwa konten yang bagus akan terus menarik link selama situs Anda tumbuh.

Jika Anda dapat mempublikasikan konten yang bagus secara konsisten, mungkin Anda akan melihat hasil Anda fantastis. Jangan menyerah jika Anda memiliki satu atau dua konten yang tidak memenuhi harapan Anda.

Apakah Anda telah menulis beberapa bentuk konten yang disebutkan tadi? bentuk konten mana yang paling sukses menarik backlink ke Anda? Digitalmarketer.id sangat antusias mendengar pengalaman dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini.

(Note: Setelah menerapkan apa yang ada pada ebook ini, Anda bisa menulis headline yang menarik dan membuat konten penawaran yang tidak sulit ditolak oleh pembaca. Sehingga, dapat berpengaruh besar pada profit bisnis Anda ==> Klik di sini)

jb_instagram_cw