5 Cara Agar Email Blast Anda Mendapatkan Banyak Klik dari Pembaca

5 Cara Agar Email Blast Anda Mendapatkan Banyak Klik dari Pembaca

Jika Anda menerapkan digital marketing pada setiap aspek pemasaran, tentunya Anda telah mengenal dengan baik mengenai email marketing.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, mengapa email marketing mampu membuat bisnis Anda akan tumbuh dan berkembang?

Seperti yang telah kita ketahui, terutama dalam dunia karier, email tak bisa terpisahkan dengan aktivitas keseharian seseorang.

Pentingnya sebuah email semakin diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Radicati. Bagaimana tidak, jumlah email account di seluruh dunia pada  tahun 2014 mencapai 4,1 miliar. Dan hal tersebut akan terus bertumbuh setiap 6% setiap tahunnya hingga tahun 2018.

Bahkan, Radicati telah memprediksikan jumlah email account pada tahun 2018 akan mencapai angka 5.23 miliar.

Melalui data tersebut, tentunya kita berpikiran hal yang sama bukan?

Ya, hal tersebut merupakan peluang nyata yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Namun bagi Anda yang mengaku belum mengenal sama sekali tentang email marketing, maka Anda salah.

Sebenarnya Anda secara pribadi mungkin saja telah terlibat dalam aktivitas email marketing, hanya saja Anda belum sadar telah terlibat menjadi prospek bisnis orang lain.

OptIn

Apakah Anda pernah mengunjungi website dan mengisikan nama dan email Anda pada sebuah form? Jika hal tersebut telah Anda lakukan, maka Anda tentunya juga telah menjadi prospek bisnis orang lain dan terlibat langsung dalam aktivitas email marketing.

Rekomendasi Platform Email Marketing untuk Anda

Anda tentu pernah mendengar Email Autoresponder bukan? Ya, dalam menjalankan strategi email marketing Anda tentunya tidak dapat mengirimkan email satu per satu ke ratusan atau bahkan ribuan email list Anda.

Jika hal itu Anda lakukan, maka itu akan sangat melelahkan dan membuang banyak waktu Anda.

Untuk itu, Anda membutuhkan semuah platform email autoresponder.

Apa itu Autoresponder?

Autoresponder adalah salah satu fasilitas di hosting yang berfungsi untuk mengirimkan email secara otomatis ke banyak daftar email list building Anda.

Itu artinya, dengan sekali membuat konten email, maka Anda dapat mengirimkannya sekaligus ke berbagai alamat email yang telah Anda jaring melalui form opt-in.

Salah satu email autoresponder terbaik rekomendasi dari DigitalMarketer.id adalah sebagai berikut:

GetResponse

GetResponse

GetResponse adalah perusahaan email favorit kebanyakan pelaku bisnis, karena kemudahan penggunaannya. Ini juga digunakan oleh pemain besar seperti Neil Patel (Quicksprout) dan Suzanna Theresa (InstaMember Pencipta).

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan GetResponse sebagai platform. Beberapa manfaat tersebut seperti  memungkinkan Anda untuk mengirim Newsletter dan email follow-up yang sudah Anda susun secara otomatis dan instan. Bahkan, Anda dapat menggunakan fitur Analysis dan Survey Customer yang dapat membantu Anda meningkatkan konversi.

Jika Anda ingin meggunakan platform GetResponse sebagai pilihan AutoTResponder Anda, maka simak tutorialnya pada artikel berikut >> Panduan Lengkap Membuat Autoresponder Menggunakan Getresponse

Aweber

Aweber

Aweber digunakan oleh beberapa internet marketer yang paling populer termasuk Paul Lynch (EasySketch Pro Pencipta) dan Pat Flynn (Pintar Passive Income). Aweber besar dan memiliki banyak fitur termasuk yang baru diluncurkan, yakni aplikasi yang kompatibel Apple dan Android mereka di mana Anda dapat memeriksa kampanye email Anda dari mana saja.

Bahkan, Anda dapat merasakan beberapa manfaat lain. Misalnya, seperti  email web analytics untuk melacak konversi, unlimited email kampanye, dan tersedia lebih dari 100 template pemasaran untuk email Anda beserta banyak keuntungan lainnya.

MailChimp

Mailchimp

MailChimp adalah sebuah perusahaan autoresponder yang baik dengan tingkat keterbukaan email yang tinggi. Mereka membuat semua customer menggunakan optin ganda untuk memastikan semua customer telah memilih untuk menerima email Anda. Sangat mudah digunakan dan memiliki beberapa cara untuk mengintegrasikan. Entah itu  terintegrasi dengan WordPress, HTML, custom, atau bahkan landing page.

Bahkan, dukungan mereka terhadap customer sangat besar. Untuk mencobanya, gunakan versi trial-nya terlebih dahulu.

Agar Email Marketing Anda Mendapatkan Tingkat Klik Tinggi

Terlepas dari apapun platform yang Anda gunakan sebagai autoresponder,  hal itu tidak mempengaruhi tingkat keterbukaan email yang telah Anda kirimkan pada email list Anda.

Karena, satu-satunya yang mempengaruhi tingkat keterbukaan email adalah pada subject email. Karena, subject email adalah ujung tombak yang akan dibaca terlebih dahulu oleh penerima.

Oleh sebab itu, Anda harus pintar dalam membuat subject untuk email Anda. Pelajari bagaimana membuat headline yang akan Anda gunakan untuk subject email Anda, klik di sini

Namun, tentunya Anda tidak ingin email Anda hanya dibuka tanpa pembaca mengerti informasi atau pesan yang Anda sampaikan. Itulah sebabnya, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut untuk membuat email Anda memperoleh klik yang tinggi.

#1. Meminta Klik

Ketika Anda menulis sebuah konten pada badan email, tentunya Anda tidak mungkin hanya bercerita menggunakan kalimat yang panjang tanpa adanya sebuah link.

Hal ini dikarenakan, setiap email yang dikirimkan tentu mempunyai sebuah tujuan.

Melalui link yang diberikan akan membawa pembaca ke sebuah tujuan yang diharapkan oleh pengirim email. Bisa saja, mengarahkan ke sebuah konten artikel, video, ebook gratis, atau hal-hal lainnya.

Masalahnya, bagaimana jika email autoresponder yang Anda kirimkan tidak mampu menggerakan minat pembaca untuk melakukan sebuah tindakan untuk mengklik link tersebut?

Jika hal itu yang terjadi, maka informasi atau sebuah penawaran Anda akan sia-sia.

Untuk mengatasi hal tersebut, usaha yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjelaskan benefit dari link yang telah Anda rekomendasikan.

Ingat, jangan hanya menyertakan sebuah link tanpa adanya kalimat penjelas mengenai maksud dari link tersebut.

Misalnya, Anda dapat menemukan contoh yang benar melalui email dari info@digitalmarketer.id berikut ini:

Ebook

Melalui email tersebut, DigitalMarketer.id memberikan teaser atau hal yang akan didapatkan oleh pembaca ketika mendownload ebook melalui link yang telah tersedia.

Sehingga, pembaca akan merasa terpanggil untuk mendownload ebook tersebut tanpa adanya keraguan lagi.

#2. Gunakan Pertanyaan

Sekarang, Anda dapat mengambil tindakan lebih lanjut dengan menyertakan sebuah pertanyaan melalui subject email Anda.

Hal ini untuk mendorong pembaca agar mereka mau untuk menanggapinya.

Misalnya, Anda dapat melakukannya seperti contoh pada gambar di bawah ini:

Masih Perlu Bantuan FIX

Misalnya, subject email yang dikirimkan oleh info@duniafitnes.com begitu menyita perhatian pembaca.

Melalui subject email “Apakah Anda Masih Membutuhkan Bantuan? Apa yang Bisa Saya Bantu?” maka hal tersebut mampu mendorong pembaca untuk memberikan balasan dan menceritakan problemnya pada Anda.

Jika hal tersebut telah dilakukan, itu artinya Anda akan membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon customer. Selanjutnya, Anda pun dapat memberikan penawaran-penawaran terkait dengan produk bisnis Anda.

Jika sebelumnya Anda membuat subject email menggunakan sebuah kalimat tanya, maka Anda pun juga dapat melakukan hal yang sama pada konten email Anda.

Contohnya, Anda dapat melihatnya pada gambar di bawah ini:

Sudah Dapat

Pada kutipan email di atas, pengirim email menginstruksikan bahwa apabila pembaca sudah mendapatkan ebook yang dimaksud, maka alangkah baiknya untuk membalasnya.

Tanpa harus memaksa, pengirim telah memiliki alasan yang sangat tepat untuk mendorong pembaca agar membalas email yang telah dikirimkan dengan suka rela.

Selain membuat open rate email Anda meningkat, dengan pembaca membalas email Anda, maka hal tersebut akan menjauhkan email tersebut masuk ke dalam folder spam pada email.

#3. Sertakan PS/ Note/ atau Catatan Tambahan

Jika pembaca benar-benar ingin membuka email Anda, maka mereka akan membaca seluruh isi pesan pada email yang Anda kirimkan.

Nah, untuk memaksimalkan informasi atau penawaran Anda, maka Anda dapat memanfaatkan sebuah ‘P.S’ atau catatan kecil untuk memperjelas maksud dan tujuan Anda.

Meskipun P.S berada pada akhir atau bagian bawah email, tetap saja hal ini akan membuat penekanan yang nantinya mudah diingat oleh pembaca.

Karena, sesuai dengan psikologi manusia bahwasanya hal pertama dan terakhir yang ditangkap oleh mata mampu diingat lebih lama oleh otak.

Sehingga, P.S adalah awal mula yang baik untuk hal tersebut.

Misalnya, pada contoh gambar di bawah ini menggunakan P.S dengan menyertakan sebuah link.

PS FIX

Ketika seseorang telah membaca bagian akhir pada email, maka mereka akan menemukan link yang ada pada P.S.

Sehingga, link tersebut berkesempatan lebih besar untuk di klik oleh pembaca.

#4. Gunakan Curiosity

Memanfaatkan rasa penasaran seseorang juga mampu Anda gunakan sebagai senjata ampuh untuk meraih klik yang tinggi pada email Anda.

Hal ini jugadapat Anda terapkan pada strategi email marketing.

Contoh 4

Misalnya saja, Anda dapat melihatnya pada gambar di atas.

Jadi, pada isi email Anda hanya harus menjelaskan sepenggal dari informasi yang ingin disampaikan.

Lalu berikan sebuah link, dengan CTA yang tepat seperti gambar di atas.

#5. Berikan Tingkat Urgensi

Tentunya, Anda menerapkan strategi marketing tidak hanya untuk mengedukasi calon customer melalui konten artikel saja bukan?

Ya, semua pelaku bisnis yang menerapkan strategi yang sama tentunya juga menggunakan email marketing untuk menawarkan berbagai produk bisnisnya.

Untuk itulah, ketika Anda menawarkan sebuah produk berupa barang atau jasa, maka sertakan sebuah deadline atau urgensi yang mendesak untuk calon customer Anda.

Hal ini bertujuan untuk membuat calon customer Anda tidak memilki waktu panjang dalam hal pengambilan keputusan.

Sehingga, secara cepat mereka bersedia mengambil penawaran Anda.

Tingkat Urgenitas

Pada gambar di atas, melalui kalimat  “Harga Naik dalam Beberapa Jam Lagi” merupakan pendorong agar calon customer mau mengambil penawaran Anda dengan cepat.

Namun satu yang harus Anda ingat dengan baik.

Jika Anda memberikan sebuah urgensi, itu sama halnya Anda membuat sebuah janji. Artinya, Anda harus benar-benar menepati hal tersebut sesuai yang telah Anda janjikan sebelumnya.

Bagaimana, menarik bukan? Siapa sangka, dengan menambahkan beberapa model konten di atas ternyata mampu untuk meningkatkan jumlah klik pada email Anda.

DigitalMarketer.id bukan tanpa alasan merekomendasikan hal ini. Seperti yang telah Anda ketahui, sebelum artikel ini dibuat, DigitalMarketer.id secara pribadi telah membuktikan efektivitasnya. Setelah kami sukses melakukannya, kini giliran Anda yang mencoba 🙂