Bagaimana Menarik Lebih Banyak Customer dengan Content Marketing?

Bagaimana Menarik Lebih Banyak Customer dengan Content Marketing?

Mungkin bagi Anda yang sedang berusaha meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda, baik yang masih pemula ataupun mengembangkan bisnis offline ke online, maka sekali lagi bahwa konten marketing sangatlah penting untuk menunjang bisnis Anda. Lalu pertanyaannya, seberapa pentingkah konten ini dalam bisnis online dan intenet marketing?

Jawabannya mungkin Anda tahu. Ya, sangat penting! Bahkan, semua model bisnis online harus belajar tentang content marketing. Konten merupakan sarana bagi Anda (pelaku bisnis) untuk menuangkan kreativitas dan memikat hati calon customer Anda. Bukan hanya bisnis online saja yang membutuhkan konten. Melainkan, beberapa toko online besar pun juga memiliki blog.

Berikut adalah beberapa manfaat content marketing yang langsung dapat Anda aplikasikan melalui media sosial. Adapun manfaat content tersebut seperti halnya untuk menarik calon customer, meningkatkan konversi penjualan, dan menjaga pelanggan Anda yang sudah ada.

 ⦿ Menarik Calon Customer

Pertanyaan pertama yang sering kali muncul ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli sebuah produk atau jasa adalah:

“Apa manfaat yang ditawarkan oleh produk atau jasa tersebut?”

Untuk itulah, dalam hal ini dibutuhkan content marketing. Tujuan content marketing sendiri adalah untuk menciptakan kesadaran dan memastikan bahwa produk atau jasa Anda menawarkan sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan customer ketika mereka siap untuk mengambil keputusan membeli. Menurut data dari Google dan Shopper Sains yang terdapat pada Zero Moment of Truth menjelaskan (dikutip dari SocialMediaExaminer.com), pada tahun 2011 customer sebelumnya telah melakukan survei di sepuluh sumber yang berbeda sebelum akhirnya mereka membuat keputusan untuk membeli.

Kebanyakan customer melakukan survei atau pendalaman tentang sebuah produk atau jasa dengan bantuan media sosial, dan hal tersebut akan mengarahkan mereka ke materi terkait dengan pengambilan keputusan. Lalu, bagaimana para customer ini melakukan cara-cara tersebut?

Semua orang tahu bahwa media sosial adalah tempat untuk berbagi banyak konten-konten yang informatif. Sering kali, banyak judul atau deskripsi singkat dari konten yang muncul di media sosial yang diikuti dengan link untuk melihat konten tersebut di website terkait.

Untuk itulah, jika Anda bergelut dengan bisnis online, maka Anda perlu untuk berbagi konten-konten informatif seperti ini.

MeetDoctor.com melalui Facebook Page-nya berbagi link sekaligus menjawab pertanyaan pengunjung dan mengarahkannya ke konten yang berkaitan.
MeetDoctor melalui Facebook Page-nya berbagi link sekaligus menjawab pertanyaan pengunjung dan mengarahkannya ke konten yang berkaitan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya,  tujuan content marketing sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran akan produk dan jasa Anda.  Maka, untuk melakukannya Anda juga bisa melakukan webinar dan seminar. Informasi yang terdapat saat webinar dan seminar bisa menunjukkan keahlian Anda sambil menyediakan informasi yang customer butuhkan selama tahap pendalaman produk yang merupakan siklus awal sebelum akhirnya melakukan pembelian.

Intinya: Sering kali, pertanyaan-pertanyaan terkait dengan produk atau jasa banyak dimulai di media sosial. Dengan Anda menyediakan konten yang informatif, maka hal tersebut  akan sangat berguna untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda. Pastikan bahwa Anda mempunyai wadah seperti Facebook Page yang memungkinkan calon customer dapat berinteraksi secara online dengan Anda.

 ⦿ Meningkatkan Konversi Penjualan

Pertanyaan selanjutnya yang terdapat pada pikiran calon customer ketika mereka mempertimbangkan melakukan pembelian adalah:

“Apa dengan menggunakan produk ini merupakan solusi yang tepat bagi saya?”

Content marketing mempunyai tujuan untuk meyakinkan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Salah satu indikator keberhasilan bisnis adalah, Anda harus mampu mendapatkan customer baru dari media sosial dengan bantuan content marketing. Selanjutnya, tanpa dipaksa customer tersebut ikut berbagi konten yang telah Anda buat dengan pengguna media sosial lainnya. Dengan poin ini, tentunya akan membuktikan bahwa produk Anda benar-benar telah terjual dan merupakan solusi yang tepat bagi customer Anda. Untuk itu, sangat penting sekali menyinggung manfaat yang akan didapatkan oleh customer pada konten yang telah dibuat. Itulah sebabnya, konten akan membantu Anda memenuhi tujuan yang dapat membuktikan bahwa produk Anda akan memberikan solusi dan nilai lebih pada saat customer melakukan penggalian informasi tentang produk Anda.

Salah satu konten yang paling efektif untuk memenuhi tujuan ini adalah demo video atau ‘explainer’ video. Bisa saja Anda langsung mengunggah video tersebut pada Facebook Page bisnis Anda, atau bahkan Anda dapat membagikannya melalui Twitter dengan menyertakan link ke YouTube dengan Channel bisnis Anda. Tentunya, konten video tetap menonjolkan manfaatnya bagi si customer.

Melalui Fans Fanpage Facebook, Denny Santoso memberikan konten berupa video yang menekankan tentang manfaat produk.
Melalui Facebook Fanpage , Denny Santoso memberikan konten berupa video yang menekankan tentang manfaat produk.

Bagian kedua dari content marketing yang dapat membangun kepercayaan (kredibilitas) dan menambah penjualan Anda adalah konten studi kasus. Studi kasus ini akan menonjolkan bahwa orang lain telah sukses dengan solusi yang telah Anda berikan melalui produk Anda. (Baca Juga:  Cara Membangun Kredibilitas Agar Menjadi Bisnis Online Terpercaya)

DuniaFitnes.com memiliki puluhan cerita sukses seseorang yang telah sukses menurunkan berat badan dengan bantuan produk yang dijual. Dan mereka telah memublikasikannya melalui Facebook Page.

DuniaFitnes.com memberikan konten yang menonjolkan bahwa orang lain telah sukses dengan solusi yang telah diberikan.
DuniaFitnes.com memberikan konten yang menonjolkan bahwa orang lain telah sukses dengan solusi yang telah diberikan.

Intinya, membuat content marketing yang baik adalah dengan menyediakan bukti yang diinginkan oleh calon customer, sebelum akhirnya mereka berpikir panjang untuk membeli produk Anda. Satu hal yang harus Anda lakukan untuk memanfaatkan penggunaan content marketing adalah, dengan berbagi melalui media sosial.

 ⦿ Menjaga Pelanggan yang Sudah Anda

Pertanyaan terakhir yang ada di kepala customer sebelum akhirnya mereka membeli adalah:

“Apakah saya benar-benar yakin dengan keputusan saya untuk membeli produk ini?”

Selain fungsi content marketing seperti yang telah dijelaskan pada -poin di atas, tujuan lainnya content marketing adalah untuk menjaga customer yang sudah ada. Dengan demikian, media sosial merupakan saluran yang tepat untuk membuat bisnis Anda sukses. Selanjutnya, content marketing bertujuan untuk menjaga customer Anda agar mereka merasa tetap puas.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ya, melalui media sosial akan sangat memungkinkan bagi Anda dan customer untuk dapat berinteraksi langsung melalui media sosial. Saat Anda berbagi konten menarik baik itu bersifat konten general (tips dan trik) ataupun mendeskripsikan pentingnya produk Anda, maka hal tersebut akan menciptakan ruang publik baru. Artinya, akan terdapat forum diskusi terkait dengan konten yang telah Anda bagikan di media sosial.

Untuk itulah, salah satu jenis konten yang mampu mempertahankan customer yang sudah ada adalah, dengan memberinya dukungan penuh melalui content marketing.

Misalnya, Anda dapat melihatnya pada Exclusive Facebook Group Supplier.id yang dibentuk untuk memudahkan langkah bagi member-nya dalam menjalankan bisnis online. Supplier.Id sendiri merupakan sebuah website yang menawarkan produk-produk online untuk kebutuhan reseller dan dropship. Pada Eksklusif Facebook Grup Supplier.id, antara pemilik bisnis (perusahaan) dengan customer saling berinteraksi untuk sekadar berbagi tips ataupun berdiskusi terkait dengan strategi yang digunakan untuk menjual produknya melalui online. Tentunya, dengan hal ini akan meningkatkan kepuasan customer dan menyelesaikan masalah mereka sebanyak mungkin melalui penggunaan konten online.

Pada Eksklusif Facebook Grup, setiap member Supplier.id bisa berkonsultasi terkait dengen pengembangan bisnis online mereka.
Pada Eksklusif Facebook Grup, setiap member Supplier.id dapat berkonsultasi terkait dengen pengembangan bisnis online mereka.

Bahkan, Anda juga dapat memilih untuk menambahkan fitur ‘Customer Care’ yang dikhususkan untuk menjawab permasalahan customer Anda. Hal ini dapat Anda lakukan melalui telepon ataupun email. Namun dalam banyak kasus, fitur ini tidak banyak digunakan. Dikarenakan, cara ini dirasa kurang efektif bagi customer dan kurang efisien bagi perusahaan.

Konten lainnya yang dapat meningkatkan loyalitas customer adalah dengan praktek secara langsung. Misalnya, Anda dapat membuat acara workshop ataupun seminar terkait dengan bisnis yang sedang Anda geluti. Tekankan bahwa seminar tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi para customer. Hal ini juga untuk membuktikan bahwa Anda memang benar-benar expert di bidang tersebut.

Buatlah konten melalui media sosial terkait dengan seminar atau workshop Anda yang menekankan benefit bagi customer. Tentunya, dengan cara tersebut akan meningkatkan kepuasan customer terhadap bisnis Anda.

Misalnya, ketika Denny Santoso mempromosikan workshop-nya yang akan diselenggarakan pada 9- 10 Mei 2015 mendatang. Pada Workshop tersebut, akan dibahas bagaimana Anda sukses meningkatkan konversi penjualan bisnis online yang dipromosikannya melalui media sosial.

Dengan berbagi konten di media sosial tentang workshop atau seminar seperti gambar di atas, hal tersebut akan menjelaskan bahwa Anda memang expert di bidang ini.
Dengan berbagi konten di media sosial tentang workshop atau seminar seperti gambar di atas, hal tersebut akan menjelaskan bahwa Anda memang expert di bidang ini.

Tipe konten lainnya yang dapat menjaga customer yang sudah ada yakni dengan memberikan konten berupa panduan untuk membantu customer mencapai targetnya.

Fungsi dari konten ini adalah untuk mengkonversi customer baru dengan menunjukkan bukti. Konten yang berupa panduan ini juga berguna untuk menjaga customer yang sudah ada, karena akan memberikan manfaat yang besar bagi mereka.

PanduanDiet.com, adalah salah satu website yang memberikan konten yang tepat untuk customer yang sudah ada ataupun customer baru. Caranya, yakni dengan memberikan bahan konten seperti panduan-panduan diet secara langsung melalui Ebook Rahasia Diet yang akan menjawab masalah customer dalam mendapatkan tubuh proporsional.

Memberikan konten studi kasus dengan sebuah panduan seperti di atas merupakan salah satu cara untuk mendapatkanm customer baru dan menjaga customer yang sudah ada.
Memberikan konten panduan seperti di atas merupakan salah satu cara untuk mendapatkanm customer baru dan menjaga customer yang sudah ada.

Intinya, memanfaatkan content marketing dengan cara-cara di atas akan jauh lebih menghemat biaya pengeluaran untuk menjaga customer yang sudah ada daripada harus menghabiskan biaya untuk mengejar customer baru. Gunakan juga media sosial dan content marketing sebagai alat  untuk melayani customer dan meningkatkan kepuasan dan konversi penjualan bisnis Anda.

 Media Sosial dan Content Marketing Harus Berjalan Beriringan

Banyak sekali platform media sosial yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Misalnya seperti halnya,  Facebook, Twitter, Google+, YouTube, Pinterest, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menarik, mengkonversi, dan mempertahankan customer, media sosial dan content marketing harus berjalan secara beriringan. Artinya, kedua hal ini harus menjadi bagian dari strategi pemasaran untuk mendapatkan penjualan dan loyalitas customer.
Customer Anda saat ini dan di masa depan menggunakan media sosial. Untuk itu, pastikan Anda telah merencanakan content marketing dengan baik dan memberikan informasi yang telah mereka butuhkan  dengan berbagi konten kepada customer Anda melalui media sosial.

Apa yang Anda pikirkan setelah membaca artikel di atas? Lalu, apakah Anda sudah dapat mengintegrasikan konten marketing Anda melalui media sosial? Tidak ada salahnya untuk berbagi komentar dan pengalaman Anda melalui kotak komentar di bawah ini.