Tingkatkan Penjualan Produk Anda dengan Instagram Marketing

Tingkatkan Penjualan Produk Anda dengan Instagram Marketing

Apakah Anda ingin belajar bagaimana memasarkan bisnis Anda atau melakukan personal branding melalui Instagram?

Artikel berikut ini akan menjelaskan bagaimana memasarkan diri Anda sebagai seorang individu maupun memasarkan sebuah brand di Instagram. Anda bisa mempromosikan produk Anda di Instagram, mendorong keterlibatan follower dan menjalankan sebuah kontes.

Setiap artikel berikut ini akan membantu Anda memahami dan menguasai Instagram marketing.

1. Memulai Instagram

Kebanyakan orang menggunakan Instagram sebagai sarana untuk selfie dan meng-upload foto makanan yang menggoda selera. Namun, Instagram bisa digunakan lebih dari hal tersebut. Hal yang pertama tentunya adalah buat akun Instagram dengan email atau Facebook. Lalu pada akun Instagram Anda tersebut, buatlah username yang konsisten, mirip ataupun sama dengan akun-akun media sosial Anda yang lain. Selain itu, tambahkan foto profil dengan brand atau logo perusahaan Anda, bio, website Anda ataupun website perusahaan Anda.

Hubungkan dengan Media Sosial yang Lain
Selanjutnya, hubungkan akun Instagram Anda dengan akun-akun media sosial Anda yang lain seperti Facebook, Twitter dan Foursquare.

Ketika Anda menghubungkan Instagram Anda dengan media sosial lainnya, Anda akan dengan mudah berbagi konten secara bersamaan pada. Selain itu, teman-teman Anda di Facebook dan para follower Anda di Twitter akan melihat bahwa Anda mempunyai akun Instagram. Hal tersebut bisa membuat mereka mem-follow Anda juga di Instagram.

Cukup dengan menambahkan beberapa channel ke foto atau video yang Anda posting, hal tersebut bisa meningkatkan visibilitas Anda dan bisa mendapatkan follower baru.
gambar 3 Instgram Marketing

Tambahkan Link ke Profil Instagram Anda
Satu-satunya tempat di mana Anda dapat menempatkan sebuah link yang dapat di klik adalah di dalam profil Instagram Anda, link tersebut berada di bawah keterangan bio Anda.

Anda dapat mengubah URL link tersebut sesuka hati Anda. Namun, yang paling penting adalah cukup isi link tersebut dengan URL website Anda. Bisa halaman blog, halaman web produk Anda, homepage, atau halaman lain dari website Anda.

2. Promosikan Produk Anda di Instagram

Sebagai seorang marketer, Anda harus membuat gambar yang menarik dan “original” di Instagram. Ada banyak cara untuk membuat produk atau layanan Anda menjadi sebuah gambar yang terlihat lebih memikat para pengguna Instagram agar mereka terdorong untuk memberikan komentar, memberikan like, atau bahkan membeli produk Anda.

Promosikan bisnis Anda melalui gambar dan video. Buatlah gambar atau video produk Anda dalam suatu konteks peristiwa yang  berhubungan dengan para pengguna Instagram. Gambar sebuah kalung yang dijual di sebuah toko mungkin tidak bisa menyampaikan pesan atau perasaan yang sama dengan foto seseorang yang memakai kalung, memakai baju yang modis dalam suasana pesta.

Berikut ini adalah contoh yang bagus dalam mempromosikan produk di Instagram. Orang yang melihat foto tersebut akan lebih tertarik untuk melihat barang-barang seperti jam tangan, kacamata atau dompet karena menggambarkan suatu peristiwa yang nyata.
Gambar 1 Instagram Marketing

Jika customer Anda mem-posting foto produk Anda, repost foto mereka sebagai user-generated content (UGC). Hal ini memungkinkan Anda untuk memberikan rasa terima kasih pada customer, sambil menunjukkan bagaimana customer merasa puas ketika menggunakan produk Anda dan hal ini bisa menjadi suatu bentuk promosi. Penggunaan UGC di Instagram sangat kuat dan bermanfaat karena dapat mendorong orang lain tertarik dengan produk Anda.
Gambar 4 Instgram Marketing

Gunakan Overlay Teks pada Gambar
Gunakan overlay teks pada gambar yang Anda posting di Instagram untuk daftar harga, jenis produk, promo penjualan atau mempromosikan suatu acara. Hal tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan yang jelas tentang produk Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Photoshop, PowerPoint Canva atau PicMonkey untuk membuat overlay teks pada gambar sebelum Anda upload ke Instagram.
Gambar 2 Instagram Marketing

Gunakan Calls to Action yang Jelas di Post Caption
Gunakan post caption untuk menyampaikan pesan yang jelas kepada customer Anda. Post caption adalah komentar pertama yang Anda upload bersamaan dengan gambar pada Instagram Anda.

Lengkapi dengan Calls To Action (CTA) dalam post caption Anda. Jika Anda ingin orang-orang untuk mengunjungi website Anda, minta mereka untuk “klik link pada bio”. Jika Anda ingin orang-orang menelepon, email, atau mengunjungi  toko Anda, buat permintaan yang jelas dalam caption tersebut dan pastikan hal itu bermanfaat bagi follower Anda.
Gmbar 7 Instagram Marketing

Tambahkan Hashtag
Tambahkan hashtag yang berhubungan dengan bisnis Anda, selain itu hindari deskripsi hashtag yang sama sekali tidak berhubungan dengan produk ataupun pesan yang Anda ingin sampaikan dalam produk tersebut. Hal ini disarankan untuk anda lakukan agar produk Anda bisa masuk dalam popular search. Tambahkan hashtags yang relevan di posting Instagram Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan jangkauan Anda, keterlibatan dan visibilitas akun Anda.

Coba tambahkan 8 sampai 15 hashtag setiap post-nya. Di setiap post, gabungkan hashtag populer yang sudah ada dengan hashtags buatan Anda sendiri.
Gambar 8 Instagram Marketing

3. Jalankan Sebuah Kontes

Sebuah kontes di dalam instagram dapat membangun antusiasme follower pada bisnis Anda. Kontes tersebut juga dapat membantu membangun komunitas bisnis Anda. Anda memiliki kesempatan untuk menjadi sekreatif mungkin dalam menjalankan sebuah kontes di Instagram.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa Anda terapkan saat membuat kontes di akun Instagram Anda.
Like Contest
Ini adalah salah satu kontes yang paling mudah untuk dibuat, cukup minta para follower untuk klik “like” pada foto Anda untuk menjadi pemenangnya. Ketika lebih banyak orang berpartisipasi dalam like kontes, itu meningkatkan kemungkinan kontes Anda ditampilkan di discovery page.
gambar 5 Instagram Marketing

Comment Contest
Comment contest mirip dengan like contest. Namun, kontes ini dapat membantu Anda dalam mengetahui feedback dari para follower ataupun para user Instagram terhadap produk Anda .

Anda juga dapat meminta follower Anda untuk tag teman-teman mereka pada saat memberi komentar. Hal tersebut dapat membantu para pengguna Instagram yang lain menjadi penasaran lalu mengunjungi akun Instagram Anda dan meningkatkan organic traffic. Selain itu, hal tersebut juga membantu untuk mendapatkan follower baru bagi Instagram Anda.

Photo Challenge Contest

Photo challenge contest mungkin adalah jenis yang paling populer dari kontes di Instagram. Caranya dengan post sebuah foto untuk menjadi pemenangnya. Biasanya kontes ini menggunakan foto selfie yang kreatif dan foto tersebut berhubungan dengan produk atau brand perusahaan sebagai bahan penilaiannya.
Gambar 6 Instagram Marketing

Anda telah mengetahui beberapa cara memanfaatkan Instagram marketing bagi bisnis Anda. Namun itu hanya sebagian kecil saja, masih banyak cara yang lain yang bisa Anda manfaatkan melalui Instagram marketing.

Apakah Anda sudah melakukan hal-hal tersebut? DigitalMarketer.id akan sangat senang jika Anda berbagi pengalaman Anda tentang Instagram marketing pada kolom komentar di bawah ini.