3 Cara Meningkatkan Keterlibatan Pembeli Agar Strategi Marketing Jadi Lebih Matang

Keterlibatan pembeli

Perusahaan yang mendapatkan keterlibatan pembelinya akan mendapat keuntungan dalam strategi pemasaran. Ketika customer yang sebenarnya memiliki andil dalam apa yang terjadi dengan perusahaan Anda, mereka akan merasa senang. Customer tersebut akan bersemangat menyebarkan info tentang perusahaan Anda. Dan kata-kata adalah bukti sosial dan sebuah alat pemasaran yang bisa Anda dapatkan.

Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkan keterlibatan pembeli untuk pemasaran? Berikut adalah beberapa ide, yang bisa membantu Anda.

Biarkan Pembeli Memilih

Anda tidak bisa meninggalkan semua keputusan kepada pembeli Anda. Mereka percaya perusahaan Anda menyediakan produk terbaik untuk mereka. Anda bisa meminta feedback para pembeli pada pilihan kecil item sebelum menawarkan produk untuk dijual. Hal ini menunjukkan kepada customer Anda bahwa Anda percaya selera mereka, bahwa Anda menghargai pendapat mereka, dan bahwa Anda suka melibatkan mereka dalam proses Anda.

Keterlibatan pembeli

Apa yang terjadi ketika Anda meminta pembeli Anda untuk membantu Anda memilih rilis produk berikutnya? Jika hal tersebut berjalan dengan baik, para pembeli akan berbagi pilihan mereka dengan orang lain dan mengundang teman-teman dengan selera yang sama untuk memberikan feedback. Sebelum produk tersebut dirilis di pasaran, produk tersebut akan dilihat oleh para customer dan sejumlah calon customer yang potensial.

Crowdfunding Contest

Jika Anda percaya para pembeli produk untuk memahami brand Anda, pertimbangkan untuk mengadakan crowdfunding contest. Biarkan para customer setia Anda mengirimkan desain dan ide-ide mereka sendiri. Jika mereka cocok dengan brand dan campaign terbaru Anda, maka Anda dapat melibatkan mereka dalam kontes tersebut. Ketika para pemenang telah dipilih, tunjukan kepada seluruh audiens Anda, bersama dengan total biaya untuk memproduksi produk yang mereka desain. Kemudian, biarkan semua customer Anda yang memutuskan mana yang terbaik.

Keterlibatan pembeli

Item yang pertama mencapai pendanaan penuh bisa menjadi rilis produk berikutnya. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk beberapa alasan. Pertama, Anda memiliki kepastian melalui crowdfunding campaign bahwa pembeli benar-benar tertarik pada produk Anda yang akan dirilis. Bahkan, mungkin banyak pre-order karena crowdfunding contest tersebut. Berikutnya, Anda bisa yakin berita atau informasi tentang perusahaan dan produk Anda telah menyebar baik kepada para customer dan para calon customer Anda.

Instagram yang Terintegrasi

Beberapa perusahaan telah memasukan feed Instagram ke situs ecommerce mereka, menampilkan customer nyata yang menggunakan produk mereka. Dengan hashtag tertentu yang membantu Anda menemukan semua gambar di luar sana yang menyebutkan brand Anda, Anda seharusnya tidak memiliki kesulitan menciptakan sebuah pengalaman yang berhubungan dengan produk ataupun perusahaan Anda, bagi mereka yang benar-benar ingin berbagi.

Keterlibatan pembeli

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk produk yang di pin pada Pinterest boards. Tentu, Anda dapat membiarkan pengunjung melihat apa yang customer sukai tentang persediaan produk Anda, tetapi mereka tidak akan melihat customer sepenuhnya menikmati produk-produk tersebut.

Mendapatkan dan mempertahankan suatu keterlibatan pembeli membawa beberapa manfaat. Anda akan membuat sesuatu yang jauh lebih kuat dari customer setia, yaitu brand ambassador. Brand Ambassador tersebut benar-benar akan membantu jika mereka merasa Anda benar-benar menghargai apa yang mereka tawarkan. Berikutnya, Anda akan membuat sebuah sistem di mana bukti sosial telah dijamin. Apa pun berasal dari berbagi konten yang dibuat customer Anda, Anda setidaknya mendapatkan bukti sosial yang kuat.

Jika ide Anda “keterlibatan pembeli” hanya menghasilkan seorang pengunjung yang membayar, maka saatnya untuk memulai permainan Anda. Berikan para pembeli “suara” dan kemudian dengarkan apa yang mereka katakan. Anda akan terkejut dengan hasilnya.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan tips tersebut? Digitalmarketer.id sangat antusias untuk mendengar pengalaman Anda tentang keterlibatan pembeli dengan berbagi pada kolom di bawah ini.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!