Bangun Kredibilitas untuk Menjadi Bisnis Online Terpercaya

Bangun Kredibilitas untuk Menjadi Bisnis Online Terpercaya

Kredibilitas adalah suatu kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Banyak orang setuju bahwa kredibilitas adalah aset termahal sepanjang massa. Mengapa demikian? Seorang pemimpin yang kredibel akan membuat anggotanya merasa bangga menjadi bagian dari organisasi, menjadi semangat, memiliki komitmen, serta loyalitas dan rasa saling memiliki terhadap organisasi. Melalui hal tersebut, Anda tentunya bisa membayangkan, betapa berharganya kredibilitas ini. Bayangkan saja jika kredibilitas ini melekat kuat pada bisnis online Anda.

Tentunya, banyak customer yang tanpa ragu lagi memilih produk-produk pada toko online Anda. Bahkan, melalui kredibilitas ini sangat bermanfaat membangun komitmen dan loyalitas yang kuat customer. Sehingga, mereka akan lagi dan lagi kembali dan mempercayakan berbelanja secara online. Hal ini akan membuat bisnis online Anda terpercaya dan semakin berkembang dengan pesat.

Masalahnya, tidak gampang untuk membangun bisnis online terpercaya. Anda harus merintisnya mulai dari awal. Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa informasinya untuk Anda.

  • Testimonial

Jika Anda ingin bisnis online Anda terpercaya, maka Anda dapat memanfaatkan fungsi testimonial. Dengan cara menempatkan beberapa kutipan positif dari customer yang pernah menggunakan produk atau jasa kita, hal tersebut akan lebih ‘menentramkan’ hati calon customer. Untuk itu, Anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin testimonial dan ulasan dari customer yang mengatakan bahwa pengunjung merasa puas dengan produk dan layanan toko online Anda.

  •  Media Sosial

Sebagian besar, calon customer Anda akan memeriksa secara online sebelum mereka memutuskan untuk bertransaksi dengan Anda. Mereka memastikan, apakah Anda meng-update produk atau konten-konten secara teratur? Hal ini untuk memastikan bahwa toko online Anda adalah asli, transparan, dan selalu mendengarkan dan berkomunikasi baik dengan customer. Untuk itu, media sosial adalah solusi bagi Anda untuk menunjukkan bahwa bisnis online Anda terpercaya.

Trust me

  • Memasang Harga ‘Aman’ untuk Produk Anda

Agar bisnis online semakin terpercaya di mata banyak orang, maka Anda perlu pasang harga normal yang tidak jauh dari harga normal di pasaran. Untuk melakukan hal tersebut, sebelumnya Anda harus melakukan survei harga. Bandingkan, apakah harga yang akan Anda pasang mempunyai selisih terlalu jauh  atau tidak.

  • Produk Menggunakan Brand Terpercaya

Salah satu cara untuk membangun bisnis online terpercaya adalah, dengan menjual produk-produk terpercaya. Artinya, produk yang dijual telah mempunyai brand yang telah dikenal karena kualitasnya. Hal ini dimaksudkan, untuk mendorong agar calon customer merasa tertarik dan percaya bahwa toko online Anda benar-benar memiliki kredibilitas yang baik.

  • Akses Mudah untuk Menghubungi Anda

Salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi calon customer adalah, mereka ingin melakukan pembelian produk atau jasa, namun sangat sulit menghubungi admin toko online tersebut. Hal ini bisa dikarenakan beberapa sebab, mungkin saja ketika menghubungi Anda, telepon Anda sedang sibuk atau karena beberapa sebab lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda wajib untuk menyertakan beberapa contact person lainnya. Misalnya, dengan menyertakan nomor telepon alternatif, alamat email, hingga akses ke media sosial, seperti BBM, Line, Whatsup, atau lain-lainnya.

  •  Bergabung dengan Jaringan Bisnis atau Kelompok Terpercaya

Jika Anda ingin membangun bisnis online terpercaya, maka penting bagi Anda untuk melakukan kerja sama dengan kelompok jaringan bisnis lainnya. Bisa juga, Anda dapat bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang berpengaruh. Kerja sama tersebut bisa dalam bentuk partisipasi kegiatan, atau mendukung badan amal. Melalui publikasi dari kegiatan-kegiatan ini, Anda dapat memperoleh hal yang bermanfaat.

Costumer fix

  • Memuaskan Kebutuhan Customer

Langkah ini erat kaitannya dengan kualitas pelayanan Anda dengan para customer. Masih ingatkah Anda, bahwa pembeli adalah raja? Ya, hal tersebut adalah benar adanya. Anda harus memberikan apa yang dibutuhkan oleh customer. Dengan melakukan usaha-usaha tersebut, secara tidak langsung hal itu akan membuat kredibilitas Anda meningkat. Percayalah, bahwa promosi dari mulut ke mulut lebih baik untuk membangun sebuah kredibilitas.

  • Menunjukan Bahwa Anda adalah Seorang Ahli

Hal ini bisa dilakukan oleh Anda yang memang expert dan aktif di bidang bisnis online. Untuk itu, Anda perlu untuk memberikan menu khusus pada toko online Anda, yang bertujuan untuk mengenalkan siapa Anda. Ini erat hubungannya dengan latar belakang pemilik toko online. Jika pemilik benar-benar expert, maka Anda bisa menyertakan bukti legal dengan semacam sertifikasi, atau hal-hal sejenis yang dapat meyakinkan calon customer Anda.

Beberapa poin di atas merupakan hal yang dapat Anda lakukan untuk membentuk bisnis online terpercaya. Intinya adalah, kredibilitas ini akan terbentuk dengan sendirinya apabila Anda melakukan pelayanan terbaik kepada semua customer Anda.