Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

peluang usaha online

Mungkin salah satu yang menghambat kita dalam memulai bisnis adalah, modal. Ya, terganjal dengan modal yang terlalu sedikit menjadi salah satu kendala utama bagi mereka yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Namun, jika Anda hanya menunggu mempunyai modal terlebih dahulu sebelum akhirnya membangun  usaha, lalu kapan saatnya Anda bergerak dan merintis bisnis tersebut? Untuk itu, saatnya bagi Anda untuk memikirkan tentang peluang usaha yang menguntungkan.

Sebenarnya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis dengan modal yang teramat kecil, bahkan sangat mungkin jika Anda merintisnya tanpa modal sekali pun. Jika Anda mampu mengombinasikan keterampilan, etos kerja, dan pengetahuan di bidang pemasaran, maka bukan tidak mungkin peluang usaha tanpa modal ini akan tumbuh dengan cepat.

Tidak ada bisnis tanpa modal lainnya yang menjanjikan selain bisnis online. Untuk itu. Dengan merintis usaha bisnis online, Anda akan dengan mudah meraih kesuksesan. Pertanyaannya, bagaimana memulai peluang usaha bisnis online ini?

Untuk itu, berikut adalah tips sederhana yang membantu Anda mendirikan sebuah usaha dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sekali pun.

  • Membuat Sesuatu

Ya, buatlah sesuatu dengan modal awal Anda yang sedikit. Jangan khawatirkan modal tersebut nantinya akan habis. Buatlah kerajinan-kerajinan tangan (handmade)  atau produk-produk yang mempunyai nilai jual lainnya. Intinya adalah, kreativitas dan inovatif merupakan harga mati yang harus Anda prioritaskan. Ingat, Anda harus memberikan kesan pembeda antara produk Anda dengan produk kompetitor Anda lainnya. Hal ini untuk memperbesar peluang usaha bisnis online Anda. Jika Anda sudah memutuskan untuk membuat produk tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan menjual hasil karya handmade Anda secara online. Berikut adalah beberapa website yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan untuk menjual produk-produk Anda:

Ebay

  1. Abe’s Market, yakni yang membantu menjual barang-barang alami dan organik seperti lotion, lilin, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Etsy adalah salah satu pasar online terbesar yang menyediakan produk handmade apa pun. Mulai dari perhiasan, hingga mainan kayu untuk anak-anak.
  3. Bonanza adalah salah satu online ecommerce terbesar di dunia yang mampu memberikan peluang usaha online shop terbaik. Hampir mirip dengan Etsy, yang menyediakan sarana bagi mereka yang ingin menjual produk
  4. eBay adalah sebuah situs jual beli atau lelang online terbesar di dunia. Sistem pembayaran di eBay menggunakan paypal, visa, master card, dan lain-lainnya.

Banyak pemilik bisnis menjual produk mereka pada berbagai platform untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat dan mudah. Ini merupakan usaha dengan modal kecil yang menguntungkan.  Jika Anda tertarik untuk menggunakan platform di atas, Anda tetap diharuskan untuk memperbarui produk yang Anda jual melalui berbagai platform tersebut.

  • Menjual Sesuatu

Jika Anda tak ingin membuat sesuatu, atau Anda tidak menganggap bahwa diri Anda seorang yang kreatif, maka banyak juga orang menjual produk yang sudah ada. Tentunya dengan hal ini, merupakan salah satu usaha online tanpa modal yang bisa Anda terapkan:

  1. Drop Shipping (Dropship): Merupakan berjualan online di mana Anda tidak perlu memiliki produk untuk dipasarkan. Anda hanya cukup untuk melakukan transfer pesanan lengkap dengan rincian pengiriman ke supplier, dan selanjutnya supplier akan mengirimkan produk langsung kepada custumer Salah satu platform ecommerce online yang menyediakan cara ini adalah www. Supplier.id. Melalui website tersebut, Anda akan di pandu dengan alur dan ketentuan yang jelas.
  2. Menawarkan Barang Bekas yang Unik: Peluang usaha bisa saja berasal dari mana saja. Peluang usaha online yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menjual barang-barang bekas yang masih mempunyai daya jual tinggi. Misalnya, Anda dapat mencari barang-barang bekas tersebut di pasar loak, atau membeli dari masyarakat yang mempunyai barang-barang tersebut. Salah satu contoh yang memanfaatkan peluang ini adalah Sophia Amoruso, pendiri Amoruso Gal, yang menjual barang-barang bekas, dan beberapa fashion unik tersebut di eBay. Sekarang Sohia berhasil memperoleh pendapatan bersih sebesar $24 juta di tahun 2011 dengan memiliki lebih dari 200 karyawan.
  • Menjual Layanan Anda

Prodkuk VS Service

Salah satu cara terbaik untuk memulai usaha online tanpa modal adalah, dengan menjual layanan Anda. Berjualan online tidak selalu hanya berupa produk fisik. Anda bisa menawarkan berbagai pelayanan jasa, tergantung pada latar belakang dan minat Anda.

Beberapa di antaranya yang menjual jasa akan memerlukan gelar tingkat lanjut, seperti layaknya seorang ahli. Sementara yang lain hanya memerlukan sedikit lebih banyak pengetahuan dan pengalaman terkait dengan bagaimana layanan jasa ini dilakukan. Misalnya, seperti tempat penitipan anak, jasa desain kebun rumah, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya hal ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Karena, Anda hanya menjual jasa. Namun begitu, Anda memerlukan rencana promosi dengan memastikan bahwa nama Anda atau perusahaan benar-benar dikenal oleh mereka yang membutuhkan jasa Anda. Beberapa platform yang tepat untuk mempromosikan layanan Anda misalnya seperti Askyrpt, Craiglist,eLance, Taskrabbit, dan Skillshare.

Jangan hanya mengandalkan platform di atas, namun agar nama dan perusahaan jasa Anda lebih dikenal, maka buatlah sebuah situs website untuk menunjukkan contoh hasil dari pekerjaan, pengalaman, dan blog tentang industri Anda dengan maksud untuk menarik pengunjung yang lebih banyak lagi.

  • Barter untuk Mendapatkan yang Anda Butuhkan

Sayangnya, benar-benar sulit untuk memulai usaha online tanpa modal dana sama sekali. Bahkan saat Anda membuat bisnis freelance dengan menulis artikel dan memanfaatkan eLance, WordPress, atau blog sejenisnya, masih saja Anda memerlukan komputer yang tersambung dengan internet untuk mengerjakannya. Namun, ada cara untuk mendapatkan sesuatu yang Anda butuhkan untuk memulai usaha online tanpa modal.

Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop untuk memulai usaha ini. Maka, Anda bisa mencoba barter. Ini merupakan peluang usaha online yang menguntungkan. Anda bisa saja mencari pelaku-pelaku yang membutuhkan barang-barang dengan membuka jasa untuk mencarikan barang tersebut melalui barter barang.

Memulai sebuah bisnis atau usaha tanpa modal membutuhkan kecerdikan dan semangat pantang menyerah untuk setiap usaha-usaha yang telah Anda lakukan. Setelah Anda menemukan sesuatu hal yang bisa Anda nikmati, maka secara bersamaan Anda akan menjalaninya dengan sepenuh hati dan bisnis ini menjadi akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda. Terus simak artikel-artikel sejenis yang ada di DigitalMarketer.id untuk memperbesar peluang Anda dalam membangun usaha bisnis online.