7 Taktik Mendapatkan Lead via Media Sosial

7 Taktik Mendapatkan Lead via Media Sosial

Para pebisnis yang berkecimpung dalam dunia digital online pasti memahami, bahwa menentukan channel untuk mempromosikan sampai menjual produk atau jasa mereka merupakan komponen penting dalam transaksi.

Salah satu channel yang paling banyak digunakan para B2B adalah media sosial.

Media sosial merupakan bagian penting dari pembauran pemasaran.

Mengapa demikian?

Taktik apa yang dapat digunakan untuk memperoleh lead melalui media sosial?

Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dengan artikel ini.

Mari kita mulai pembahasannya.

Mengapa Media Sosial Menjadi Bagian Penting dalam Pembauran Pemasaran?

Berikut ini adalah alasannya :

  • Media sosial menjadi penting untuk layanan pelanggan seperti telepon. (Komunikasi dua arah).
  • Media sosial sangat diperlukan untuk mempromosikan konten Anda.
  • Media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lead.

Mungkin Anda masih ragu dengan poin yang ketiga, media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lead.

Survei dari Ascend2 menyatakan bahwa media sosial berada diurutan ke 3 sebagai channel online yang paling efektif untuk mendapatkan lead. Mungkin tidak seefektif email marketing, tetapi media sosial dapat melakukan hal yang sama dengan baik.

Ascend2-online-channels.png

View akan lebih baik jika Anda melihat biaya per-lead. Itulah yang Software Advice temukan ketika mereka mensurvei 200 orang pemasar B2B pada akhir 2014 lalu :

marketing-charts.png

Kedua grafik di atas memberikan gambaran yang menjanjikan.

Efektivitas dan biaya per-lead yang Anda lihat dari media sosial akan berbeda.

Hasil Anda akan tergantung pada strategi konten, berapa banyak waktu yang Anda investasikan di media sosial, serta taktik yang Anda gunakan.

Ada banyak taktik untuk mendapatkan lead pada media sosial. Berikut ini ada 7 taktik yang paling sukses dibandingkan dengan yang lain. Bukan hanya itu, taktik ini pun mudah untuk diterapkan.

  1. LinkedIn

linkedin-blunders1

LinkedIn merupakan salah satu perantara besar untuk mendapatkan lead dari media sosial.

Ada banyak penjelasan tata cara menggunakan LinkedIn. Bila Anda memiliki waktu senggang, bisa mengakses di internet atau mencari buku tentang petunjuk penggunaan LinkedIn.

Tapi jika Anda tidak memiliki waktu banyak untuk mencari dan membaca buku tentang Linkedin, kami menyediakan versi thumbnail sebagai berikut :

  • Masukkan call to action untuk men-download sumber atau arahkan para pengunjung untuk mengikuti Anda ke page yang menjelaskan tentang profil perusahaan Anda.
  • Gunakan halaman showcase untuk menyorot produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Asah kemampuan pencarian Anda di Advanced Search.
  • Berpartisipasi dalam LinkedIn Group.
  • Pastikan Anda memiliki strategi content marketing yang solid, dan hal ini tercermin di dalam update LinkedIn Anda.
  • Gunakan LinkedIn Publisher.
  • Hubungkan LinkedIn dengan CRM (Customer Relationship Management) dan software automation marketing lainnya.
  • Jika ingin lebih engagement dengan calon pelanggan Anda, gunakan update berupa gambar dan video.
  • Tambahkan kata kunci untuk profil Anda, terutama di bagian “Spesialisasi”. Dengan demikian, page Anda akan dilihat lebih banyak orang.
  1. Berpartisipasi pada Quora dan Situs Q&A (Question & Answer) Lainnya.

Screen-Shot-2015-12-28-at-4.57.15-PM.png-900x490Setiap kali seseorang mengajukan pertanyaan yang terkait dengan B2B, ada kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan lead.

Dalam hal ini, situs yang ditujukan untuk tanya jawab adalah tempat yang baik untuk bertukar pikiran.

Quora adalah tempat yang baik untuk memulai. Ada ribuan topik dan ratusan ribu pengguna. Itu berarti ada banyak kesempatan untuk menunjukkan keahlian Anda.

Situs seperti Yahoo Answers, Reddit, dan Sign juga memberikan kesempatan bagus untuk membantu orang lain dan diri Anda sendiri.

  1. Berpartisipasi dalam Forum Industri

Quora dan situs tanya jawab lainnya merupakan tempat yang baik.

Tetapi beberapa industri dan bidang keahlian yang begitu khusus pada suatu situs bisnis umum tidak akan membantu Anda menarik banyak pembeli yang serius.

Dalam kasus seperti ini muncullah forum industri dan asosiasi.

Forum ini adalah situs di mana orang yang bekerja di dalam industri sering berkumpul.

Biasanya ada sedikit spam mengenai penjualan, tapi orang-orang yang berada di dalam situs boleh melakukan “blocker penjualan”.

Jika Anda bergabung dalam forum semacam ini, sebaiknya jangan terburu-buru melakukan penjualan. Bisa jadi Anda akan langsung di-banned.

Untuk jenis B2B, jika Anda ingin mencari pembeli atau sekedar mempromosikan dan menawarkan produk, Anda dapat mencoba forum industri dan asosiasi.

Terkadang forum konferensi dan chat room juga memberikan hasil yang baik.

  1. Sampaikan Pemikiran Anda. Komentar Positif di Blog Insdustri.

Ini adalah salah satu cara agar Anda dapat memiliki keahlian untuk menarik lead.

Setiap komentar yang Anda berikan bisa diselipkan link di bagian bawah untuk mengarahkan pengunjung lain ke situs Anda.

Biasanya link tidak selalu di-klik, sehingga kemungkinan memperoleh pengunjung tidak terlalu besar.

Tapi itu cara yang cukup aman untuk membangun hubungan dan link yang berkualitas.

Komentar pada blog pun ternyata mendapat perhatian dari penulis blog (yang sering juga disebut influencer).

Komentar pada blog influencer dan guest post adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka.

Kesimpulan yang didapatkan dalam hal ini, yakni: dengan komentar blog, Anda akan mendapatkan lead-lead yang baru.

  1. Tambahkan Aplikasi Overlay untuk Membantu Anda dalam Share di Media Sosial.

Ini merupakan bentuk kerja sama dan etiket baik untuk berbagi konten dengan orang lain.

Beberapa sumber menyarankan untuk berbagi 80 % konten dari pihak ketiga, dan hanya menayangkan 20 % produk Anda sendiri.

Terkadang, marketer merasa khawatir untuk berbagi konten pihak ketiga.

Mereka merasa seperti hanya mengirim orang pergi ke situs lain, dan tidak pernah melihat ke arah mereka lagi. Padahal tidak perlu sampai memiliki kekhawatiran seperti ini.

Ini merupakan hal yang wajar. Dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena selalu ada hal positif yang diperoleh jika Anda mau mencoba taktik yang satu ini.

Beberapa layanan overlay, seperti Snip.ly atau Linkis membiarkan Anda menambahkan overlay untuk setiap konten pihak ketiga yang Anda share. Jadi, jika Anda akan men-share, sebaiknya Anda juga meng-update :

evernote.png

Anda akan dibawa ke halaman ini, di mana overlay Evernote dan call to action akan membuat Anda tergoda untuk kembali ke website mereka.

fast-company.png

Menyiapkan hal ini tentunya akan menambah langkah Anda ke depan untuk mengkreasikan postingan di media social selanjutnya.

Sudah pasti hal ini akan memakan waktu, tapi jika Anda dapat membuat overlay yang dipercaya, maka Anda dapat menarik banyak lead yang baik.

  1. Mempromosikan Konten “Lama”

Terlalu banyak yang membuat kesalahan ini: Mereka menciptakan konten baru, mempromosikannya selama sekitar satu minggu, dan kemudian tidak pernah men-share lagi.

Akibatnya konten yang telah di-share semakin menumpuk dan terlupakan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan re-share konten lama setidaknya seminggu sekali.

Jika Anda khawatir akan membosankan audiens Anda, Anda dapat menggabungkan konten lama dan baru dan kemudian menggunakan gambar yang berbeda.

  1. Gunakan SlideShare

slidesharelogo

Anda dapat mengonversi setiap posting blog yang sukses Anda tulis tahun lalu menjadi SlideShare.

Dengan tujuan yang baru, konten lama dari postingan blog Anda sebenarnya telah menciptakan jalan untuk mendapatkan lead.

Cara ini juga untuk memperoleh beberapa traffic inbound, dan lead baru untuk menghasilkan channel.

Baca juga >>> Kapan, Bagaimana, dan Di Mana Mempromosikan Konten pada Media Sosial? <<<

Taktik Mana yang Anda Pilih?

Anda sudah mengetahui 7 taktik jitu yang telah dijelaskan dalam artikel ini, sekarang giliran Anda untuk menentukan. Kira-kira dari semua taktik tersebut, mana yang paling efektif untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.