Hal Yang Harus Marketer Ketahui Tentang Facebook Live

Hal Yang Harus Marketer Ketahui Tentang Facebook Live

Belakangan ini dunia social media semakin banyak fitur-fitur baru yang di-upgrade untuk memaksimalkan komunikasi.

Salah satunya social media Facebook.

Raksasa social media ini merilis aplikasi Facebook Mentions pada Juli 2014 lalu yang awalnya hanya dapat digunakan oleh orang-orang tertentu, seperti selebritis dan orang terkenal yang profile akun Facebooknya terdapat tanda centang biru.

Guna dari Facebook Mentions ini adalah membuat para selebritis untuk lebih mudah dan praktis ketika berkomunikasi dengan fansnya. Jadi aplikasi komunikasi ini bersifat 2 arah.

Di dalam Facebook Mentions, terdapat sebuah fitur yang sangat menarik untuk dicoba yaitu Facebook Live.

Facebook Live memungkinkan Anda terhubung dengan fans, teman-teman dan followers dengan berbagi real-time video dari apa yang Anda lihat dan lakukan.

Apa itu Facebook Live? Dan apa hubungannya untuk para marketer?

Di artikel kali ini, Anda akan diajak untuk mengenal fitur dari Facebook Mentions ini lebih dalam.

Mari kita mulai.

Facebook Live : Mengenal Lebih Dalam dan Kegunaannya untuk Marketer

Apa itu Facebook Live?

Facebook telah meng-upgrade Live selama beberapa bulan terakhir. Fitur ini rilis pada bulan Agustus 2015 untuk tokoh masyarakat yang telah terverifikasi melalui iOS Mention.

Awal Desember, Live sudah available untuk orang-orang yang tertentu di profil pribadi mereka dan kemudian kesemua Facebook page yang telah diverifikasi beberapa bulan kemudian.

Facebook awalnya memperkenalkan Live hanya untuk kelompok pengguna elit untuk 2 alasan utama :

  1. Untuk mengontrol kebutuhan bandwidth
  2. Berharap mendapatkan standar video stream yang lebih tinggi sehingga mengurangi “noise” di news feed.

Facebook mengendalikan jangkauan siaran Live melalui algoritma peringkat news feed, sama seperti semua postingan organik.

Jika pada bulan Januari fitur Live ini hanya bias diakses untuk pengguna Iphone, sekarang sudah available untuk pengguna Android juga.

Namun ternyata di Indonesia, masih terdapat pengguna yang akun Facebooknya belum terverifikasi dan belum dapat mengakses fitur Live ini.

Bagi Anda yang belum dapat mengakses fitur ini, tidak perlu berkecil hati. Anda dapat mulai membuat plan untuk strategi Facebook Live Anda atau menggunakan beberapa taktik ini pada berbagai layanan live-streaming lainnya seperti Blab, Google+ Hangouts, Periscope dan Meerkat.

Terlepas dari apakah Anda sudah memiliki atau baru planning untuk menggunakan live streaming, Anda masih dapat meng-upload video secara rutin di Facebook.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Facebook Live ini? Mari kita bahas lebih lanjut untuk mengetahui gambaran dalam menggunakan Facebook Live.

  1. Broadcast dengan Facebook Live

Anda dapat melakukan broadcast Facebook Live melalui profil Anda atau melalui aplikasi Mentions. Untukdi-broadcast melalui profil Anda, tekan untuk update status Anda dan klik ikon Live.

1

Selanjutnya, tuliskan deskripsi singkat di status update (ini adalah judul Anda). Deskripsi adalah apa yang akan keluar di news feed dan notifikasi.

Sama seperti dengan update status pribadi Anda lainnya, Anda juga mungkin ingin memilih audience sebelum live. Pilih teman saja, daftar teman tertentu atau public. Kemudian tekan Go Live.

2

Anda bisa mengarahkan kamera pada diri sendiri atau keluar untuk capture lingkungan Anda.

Selama broadcast, Anda akan melihat jumlah live viewers, teman-teman yang standby dan memberi komentar secara real time.

Sementara orang-orang yang menonton Anda, undang mereka sebagai viewers dengan tekan tombol Subscribe. Dengan cara ini, mereka mendapatkan notifikasi pada saat Anda live.

Setelah Anda mengakhiri siaran langsung Anda, secara otomatis live Anda akan disimpan pada timeline seperti video lainnya yang di-upload.

Jika Anda belum memiliki opsi Follower yang aktif pada profil pribadi Anda, disarankan untuk mengaktifkannya segera.

Dengan melakukan hal ini akan memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang lebih luas, agar semua pengguna di Facebook dapat memilih untuk following public update Anda.

Untuk mengaktifkan fitur Follow, buka settings Anda dan klik Followers di kolom kiri. Kemudian ganti Who Can Follow Me, menjadi Everybody. Sekarang, salah satu teman atau followers dapat berlangganan dan melihat ketika Anda live.

Perlu diingat, jika postingan sebelumnya adalah public dan Anda ingin share posting berikutnya dengan teman-temansaja, Anda harus ingat menggantinya menjadi friends only.

3

Catatan: Untuk broadcast melalui aplikasi Mentions, prosesnya sama. Buka aplikasi, tekan ikon Post dan kemudian tekan Live Video.

Satu-satunya perbedaan adalah Anda tidak dapat memilih audience, karena segala sesuatu yang Anda posting bersifat public pada business page.

  1. Mengimprovisasi Video Anda

Facebook merekomendasikan beberapa praktik terbaik untuk Facebook Live. Selain itu, di sini ada beberapa rekomendasi untukAnda :

Fokus pada broadcast Anda. Tahu apa yang akan Anda bicarakan di depan video sehingga Anda tidak berdiskusi secara bertele-tele.

Mengetahui rencana tentang apa yang akan Anda bicarakan di video dan jika melakukannya dengan baik akan meningkatkan reputasi Anda.

Buat judul yang menarik. Anda perlu menghubungkan judul untuk focus broadcast Anda. Ketika orang mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda live, judul adalah satu-satunya hal yang mereka lihat ketika sebelum memutuskan apakah mereka ingin bergabung dengan Anda.

4

Usahakan untuk menggunakan perangkat audio yang bagus. Berbicaralah secara jelas, keras dan dekat dengan menggunakan mikrofon.

Seperti dengan video lainnya, audiens Anda harus dapat mendengar apa yang Anda katakan. Untuk mencapai ini, hindari penyiaran di mana saja yang latar belakangnya ada kebisingan.

Gunakan 2 kamera, untuk bagian depan dan belakang. Karena Anda mungkin tidak akan ingin kamera terus menyorot wajah Anda sepanjang waktu, Anda dapat dengan mudah beralih bolak-balik antara keduanya.

Ketika kamera menghadap ke arah Anda, audio akan bekerja menjadi lebih baik. Bicaralah ketika mengambil syuting gambar dari jarak jauh.

Pahami audience Anda. Ketika Anda live, pastikan untuk menyapa teman dan fans yang sedang melihat. Atau tanggapi komentar baik selama atau setelah live.

Uji panjang siaran dan waktu Anda. Facebook menyarankan Anda live untuk setidaknya 5 menit. Tapi tidak masalah jika Anda ingin melakukannya sekitar 2-20 menit.

Lihat apa yang audiens Anda suka dan gunakan sebagai alat ukur Anda. Coba juga pada waktu yang berbeda untuk melihat apakah audience hadir untuk melihat live Anda.

Diakhiri dengan call to action. Video Live dapat menjadi bagian integral dari social media marketing Anda, buat sebagian besar dari itu dengan mengarahkan audience untuk ke tempat tertentu.

Sertakan call to action sederhana di akhir video Anda, seperti untuk mengunjungi website atau mengirimkan pesan pribadi ke Anda untuk informasi lebih lanjut.

Selektif dan tidak menyiarkan segala sesuatu akan membuat video live Anda istimewa. Dengan begitu ketika Anda live, orang akan ingin melihat hal baru apa yang akan Anda tawarkan.

  1. Edit Video Anda

Setelah video Facebook Live ada di wall Anda, Anda dapat kembali dan mengeditnya. Ini seperti mengedit setiap video yang Anda upload ke Facebook. Klik pada tanggal posting di timeline Anda untuk mengaksesnya dan pilih Edit.

Pilih thumbnail. Facebook memberikan 10 pilihan gambar atau Anda dapat meng-upload thumbnail Anda sendiri.

Pilih Kategori. Tekan menu drop-down di samping Kategori Video dan pilih salah satu.

Tambahkan call to action. Anda memiliki beberapa pilihan, termasuk Shop Now, Learn More dan Sign Up.

Anda mungkin akan ingin mencocokkan call to action yang Anda request selama video.

5

Memperkuat jangkauan. Jika video Anda dari business page Facebook Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan visibilitas lebih melalui Ads Manager dengan membuat iklan video dari siaran Live.

  1. Repurpose Video Anda

Seperti dengan konten lainnya, Anda akan ingin menggunakan video Anda di banyak tempat yang relevan.

Tulis postingan blog dengan beberapa highlights dan embed baik di postingan Facebook itu sendiri atau hanya video. Kemudian share pada semua profil social media Anda.

6

Alasan untuk meng-embed video Anda adalah untuk mendapatkan lebih banyak views. Ini akan muncul pada Facebook count view Anda dan Anda juga bias mendapatkan fans baru dan subscribers.

banner-FB-tanpa-link-CTA

Kesimpulan

Video streaming, khususnya melalui Facebook Live, adalah kesempatan yang luar biasa untuk menampilkan pengetahuan Anda dan meningkatkan jumlah fans, follower dan basis customer.

Karena sekarang Facebook Live sangat kuat dalam hal video, dan untuk mendapatkan jangkauan organic lebih tinggi dari jenis konten lainnya, Anda perlu mempersiapkan plan ke depan. Segera tambahkan Live untuk marketing plan Anda setelah Anda memiliki akses.

Sambil menunggu Facebook Live dapat diakses secara maksimal untuk seluruh penggunanya di Indonesia, sebaiknya Anda mulailah berpikir sebagai ahli subjek untuk menciptakan video yang luar biasa, jadi Anda akan dapat mengambil semua keuntungan dari setiap kesempatan.

Selamat merancang plan Anda!!

Baca juga mengenai >>> Facebook untuk Bisnis Online: Update baru yang Penting untuk Bisnis Anda <<<

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.