Facebook marketing: Tool Optimasi Audience untuk Engagement yang Lebih Baik

facebook marketing

Facebook meluncurkan tool baru yang bisa digunakan untuk strategi Facebook marketing Anda.

Facebook meluncurkan Optimasi Audience  yang menguntungkan sebuah merk dalam dua cara utama:

  • Membantu menjangkau orang-orang yang paling mungkin untuk terlibat dengan konten Anda
  • Menyediakan metrik yang lebih baik untuk memahami kelompok orang terlibat dan dalam hal apa mereka terlibat.

Optimasi Audience dibagi menjadi tiga fitur yang berbeda, tetapi berhubungan:

  1. Preferred Audience
  2. Audience Restrictions
  3. Audience Insights

Mari kita lihat lebih dekat apa 3 fitur tersebut, dan bagaimana Anda dapat mulai menggunakan Optimasi Audience.

DigitalMarketer.id juga akan membahas beberapa pertanyaan umum yang berhubungan dengan optimasi audience untuk strategi facebook marketing Anda.

Optimasi audience memungkinkan merk di Facebook untuk menjangkau audience yang tepat dan mendapatkan wawasan (insight) yang berharga.

Memulai Optimasi Audience untuk Facebook Marketing

Optimasi audience untuk facebook marketing saat ini belum tersedia untuk semua halaman.

Ini hanya tersedia untuk halaman bahasa Inggris Facebook. Jika halaman Anda memiliki lebih dari 5.000 orang seperti, optimasi audience telah diaktifkan dan tool sudah tersedia untuk Anda gunakan.

Jika halaman Anda memiliki kurang dari 5.000 like, klik link “setting” di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Dari tab “General”, Anda akan melihat baris untuk ” Audience Optimization for Posts. ”

Klik “Edit” dan centang untuk mengaktifkannya.

facebook marketing

Saat membuat posting Anda di publisher, klik ikon target untuk menggunakan fitur ini.

facebook marketing

Preferred Audience

Anda akan melihat tampilan yang tampak seperti ini ..

facebook marketing

Perhatikan instruksi:

Pilih orang-orang yang ingin dijangkau di News Feed. Orang dalam kelompok ini lebih cenderung untuk melihat posting Anda.

Sehingga Anda tidak memilih untuk menampilkan posting hanya untuk penggemar Anda dengan interset tertentu. Anda hanya membuatnya lebih mungkin untuk orang-orang akan melihatnya.

Pada contoh berikut ini, kami memasukkan tag mewakili pengguna yang paling mungkin untuk terlibat dengan posting kami.

Tag ini secara teoritis akan membantu Facebook lebih memprioritaskan konten di news feed.

facebook marketing

Anda dapat memasukkan, menelisik atau mendapatkan saran untuk interest dari Facebook untuk penargetan .

Hal ini sangat berguna bagi strategi facebook marketing Anda.

Facebook dapat membantu Anda menjangkau audience tertentu dengan melihat interest, activity, pages yang mereka like dan topik yang terkait. Anda dapat memilih hingga 16 interest.

Dengan mengklik “Browse,” Facebook akan memunculkan sembilan kategori utama dari interest tersebut.

facebook marketing

Anda dapat menggali lebih dalam salah satu dari berikut:

  • Bisnis dan Industri
  • Hiburan
  • Keluarga dan hubungan
  • Kebugaran dan kesehatan
  • Makanan dan minuman
  • Hobi dan kegiatan
  • Belanja dan fashion
  • Olahraga dan outdoor
  • Teknologi

Ketika mulai memasukkan interest, Facebook akan belajar dari mereka dan menunjukkan saran. Berikut adalah contohnya …

facebook marketing

Setelah Anda memasukkan interest Anda, klik “Save”.Bahkan jika Anda ingin klik ke “Audience Restrictions,” Anda akan ingin menyimpannya terlebih dahulu atau Anda akan kehilangan apa yang baru saja Anda lakukan.

Kita akan sampai ke praktek-praktek sesaat lagi yang sangat berguna untuk strategi facebook marketing Anda.

Tetapi pendekatan ini berbeda dari yang Anda akan targeting iklan Facebook. Perlu diingat bahwa ini tidak membatasi audience pada Iklan facebook Anda. Keuntungannya ada baik di optimasi dan insight.

Audience Restrictions

Membatasi audience Anda bukanlah hal baru, tetapi sekarang dimiliki dalam optimasi audience.

facebook marketing

Ingat bahwa “Preferred Audience” memungkinkan Anda untuk tag interest untuk membantu Facebook memprioritaskan orang yang mana melihat posting Anda. Juga akan ada manfaat reporting yang signifikan nantinya.

Audience Restrictions, bagaimanapun, meyakinkan posting Anda dilihat oleh orang-orang tertentu saja (berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi dan bahasa).

Audience Insight

Di sinilah kelebihan optimasi audience untuk startegi facebook marketing. Bahkan jika men-tag konten tidak menyebabkan engagement yang lebih baik, itu layak sedikit informasi yang sangat berharga.

Bila Anda menggunakan tag interest, Facebook kemudian akan memberikan Insight tentang bagaimana orang-orang pada interest tersebut terlibat dengan post Anda.

Sebelum kita melanjutkan, penting untuk membuat perbedaan. Facebook mempunyai tool di Facebook Ads Manager disebut Audience Insights, dan Audience Insight yang kita bahas sekarang berbeda dengan tool tersebut.

Dalam halaman insight Anda, klik pada post yang menggunakan tag Preferred Audience. Kemudian klik pada ” Preferred Audience” untuk mendapatkan Insight tentang bagaimana orang-orang pada interest tersebut terlibat dengan post  Anda.

facebook marketing

Gambar di atas berasal dari Facebook.

Anda dapat klik top headlines untuk Reach, Link Click Rate, Share Rate, dan Like Rate untuk informasi yang lebih rinci.

Dalam contoh di atas, kita dapat melihat bahwa interest Jet Blue Airways memiliki link click rate yang hampir 10%. Secara keseluruhan, link click rate untuk semua tag interest adalah 5,8%.

Akan menyenangkan untuk melihat link click rate apa itu bagi orang-orang di luar Preffered Audience ini, tetapi ini masih sangat berharga. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mencari tahu mana interest yang di-tag selanjutnya, juga dapat membantu Anda dengan penargetan iklan facebook sebagai strategi facebook marketing.

Tagging

Anda dapat menggunakan hingga 16 tag interest untuk posting tertentu.Tapi apa yang di-tag yang harus Anda gunakan? Berikut adalah beberapa saran yang datang langsung dari Facebook …

  1. Target audience dengan tag yang relevan.Gunakan tag untuk menentukan audience. Tipe orang apa yang akan peduli dengan posting Anda? Apa interest mereka? Anda mencari untuk menentukan audience, bukan list kata kunci yang terkait dengan post.

Sebagai contoh, di sini adalah sebuah posting dari The New York Times yang mereka share dan tag …

facebook marketing

Mereka menggunakan tag berikut: “Barack Obama,” “Republican Party,” “Democratic Party,” and “United States Congress.”

  1. Tag dengan campuran term yang luas dan sempit.Facebook menyarankan awal yang luas dan kemudian mempersempit ke Audience yang lebih spesifik.Namun, hindari tag yang terlalu luas seperti “Entertainment” atau “Olahraga.”

Berikut ini adalah contoh dari Bleacher Report…

facebook marketing

Tag yang digunakan dalam contoh tersebut (luas ke sempit) adalah”NFL,” “Jacksonville Jaguars,” dan “Allen Robinson.” Perhatikan bahwa mereka tidak menggunakan tag yang luas seperti “Olahraga.”

  1. Berpikir asosiatif tentang interest terkait.Facebook menunjukkan bahwa Anda tidak membatasi tag topik dalam posting itu sendiri. Misalnya, Anda mungkin ingin menandai posting tentang Hillary Clinton dengan “Bernie Sanders” karena mungkin menarik untuk Audience itu.
  2. Pertimbangkan termasuk organisasi dan merk.Facebook menyarankan untuk tag organisasi dan merk yang mungkin tumpang tindih dengan subyek posting Anda, bahkan jika mereka tidak disebutkan secara langsung.
  3. Gunakan tag dengan audience kecil secara strategis.Lebih spesifik jika Audience sangat terlibat dengan posting Anda dan sangat tertarik dengan apa yang Anda bahas dalam pos tersebut.
  4. Simpan lokasi untuk cerita yang relevan.Jika konten Anda memiliki daya tarik lokal, tag sesuai dengan cerita yang relevan.
  5. Gunakan tren meme dan hashtags.Saran dari tren meme mengejutkan saya sedikit sejak Facebook pada satu waktu meme dihukum di news feed. Namun, titik utama di sini adalah untuk menandai topik tren terkait.

Bagaimana Seharusnya Menggunakan Optimasi Audience?

Pertama, gunakan praktek-praktek terbaik di atas sebagai panduan yang berguna untuk facebook marketing Anda.Tetapi Anda bebas untuk bereksperimen dan menemukan apa yang bekerja efektif untuk Anda.

Anda bisa menggunakan 10-16 tag (luas dan sempit) terkait dengan iklan Facebook.

Seiring waktu, Anda bisa mengevaluasi kinerja tag tersebut. Mana yang konsisten menghasilkan tingkat engagement tinggi atau click link rate yang tinggi?

Informasi tersebut bisa Anda gunakan untuk tag iklan dan strategi facebook marketing di masa yang akan datang.

Apakah Perbedaannya dengan Targeting Interest Iklan Facebook?

Anda mungkin akrab dengan kemampuan untuk menargetkan hanya interest tertentu dalam posting organik. Metode tersebut g sedang digantikan dengan Preffered audience.

Dengan metode lama, hanya orang-orang dengan interest yang Anda ditargetkan akan melihat post organik di newsfeed mereka. Tidak ada orang lain bisa melihatnya.

Preferred Audience, membantu memprioritaskan posting Anda dalam newsfeed dari orang-orang dengan interest tertentu sementara tidak membuat mereka yang diluar interest melihat hal itu.

Mungkin perbedaan terbesar adalah reporting yang ditambahkan untuk tag Preferred audience yang tidak tersedia untuk interest targeting.

Akankah Membatasi Reach?

Karena Anda tidak membatasi audiens Anda dengan Audience Preferred, ini seharusnya tidak berdampak negatif terhadap jangkauan (reach) Anda. Dalam tes Facebook, mereka telah melihat reach tetap sama sementara engagement naik.

Ini masuk akal karena Facebook akan memprioritaskan orang-orang dengan interest teretentu sementara tidak mencegah orang lain melihat itu. Jika Anda memilih interest dengan benar, seharusnya memiliki dampak yang sangat positif.

Apakah Berdampak Pada Targeting Iklan?

Ini tidak memiliki dampak targeting iklan. Anda dapat menggunakan tag interest di sebuah post dan kemudian pilih untuk promote post dengan sebuah iklan tersebut kepada audience yang sama sekali berbeda.

Kapan Pages Non-Inggris Mendapatkan Akses?

Pada saat ini, Facebook belum memiliki rencana untuk membuat optimasi audience tersedia untuk page non-Inggris.

Meskipun belum tersedia di Indonesia tool baru dari Facebook ini akan sangat bagus untuk strategi facebook marketing Anda nantinya.

Anda juga bisa membaca artikel lain tentang facebook marketing berikut ini:

*sumber: www.jonloomer.com

Ingin tahu berbagai strategi facebook marketing yang lain? Anda bisa bergabung bersama DigitalMarketer.id Labs untuk mendapatkan berbagai strategi facebook marketing yang dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang >>> Dapatkan strategi facebook Marketing yang ampuh meningkatkan bisnis Anda

CTA Artikel 2