Cara Membuat Konten yang Membuat Pembaca Melakukan “Action”

cara membuat konten

Content marketing telah menjadi salah satu strategi yang efektif dalam digital marketing. Berikut ini ada beberapa cara membuat konten yang sangat efektif untuk membuat audience mengambil suatu tindakan yang Anda inginkan.

Namun, salah satu hal yang paling mengecewakan ketika menulis konten adalah Anda menempatkan waktu dan energi untuk membuat konten yang sangat bagus tapi tidak ada yang tertarik untuk benar-benar membacanya.

Hal ini dapat membuat bingung ketika Anda telah menuangkan hati dan jiwa ke dalam konten tetapi tidak pernah benar-benar bergema pada audience Anda. Sebaliknya, pembaca meninggalkan konten tersebut lebih cepat , tidak menjelajahi website Anda lebih jauh dan tidak pernah mengkonversi.

Masalah utama terletak pada kenyataan bahwa mungkin Anda terlalu fokus tentang bagaimana konten yang berharga tersebut tersampaikan dan teknik storytelling, tetapi  kehilangan fokus pada membuat pembaca mengambil suatu action atau tindakan .

Ini adalah aspek yang sering diabaikan dari content marketer yang sebenarnya sangat penting karena ini  dapat membantu membujuk audience Anda, mendorong keterlibatan dan interaksi.

Lalu, elemen apa saja untuk membuat konten yang actionable?

Sebelum kita bisa tahu mana strategi yang harus dilakukan, perlu untuk memahami apa yang diperlukan sebagai cara membuat konten yang actionable. Berikut adalah beberapa elemen umumnya:

  • Target audience yang spesifik
  • Memberikan nilai
  • Membangun kepercayaan
  • Sejalan dengan kebutuhan audience Anda
  • Sejalan dengan tujuan pemasaran Anda
  • Membuat audience berinterkasi dengan Anda
  • Berkomunikasi dengan jelas dan efektif

Berikut ini apa yang disebut dengan “Actionable Content Pyramid”. Jika Anda ingin membuat konten yang membuat Audience melakukan action, Anda bisa ikuti piramida ini.

cara membuat konten

Selanjutnya, apa saja cara membuat konten Anda agar lebih actionable?

Berikut adalah beberapa cara membuat konten yang sangat efektif untuk membuat audience Anda mengambil suatu tindakan yang Anda inginkan.

Jelaskan Apa yang Pembaca akan Dapatkan

Orang-orang menjadi lebih sibuk sekarang ini, dan banyak orang yang mengalami “overload kognitif.” Hal ini disebabkan oleh banyaknya informasi yang datang setiap harinya.

Kunci untuk menciptakan konten yang sejalan dengan pembaca/target audience Anda adalah membuatnya menjadi actionable, bukan hanya dalam penjelasan yang singkat.

Kami menemukan bahwa kami sering dapat menarik minat audience dan menarik perhatian mereka dengan jelas menyatakan apa yang mereka akan pelajari di posting kami dari awal.

Misalnya, dengan hanya melihat judul dan membaca melalui pengenalan posting ini, setiap orang secara logis akan dapat mengetahui bahwa mereka akan belajar konten yang dapat membuat pembaca melakukan action dan apa yang bisa mereka lakukan untuk membuat konten mereka lebih actionable.

Poinnya di sini adalah Anda akan secara eksplisit menyatakan apa yang audience Anda akan dapatkan setelah membaca posting Anda dan bagaimana hal itu akan berdampak positif bagi mereka.

Dengan kata lain, biarkan mereka tahu apa yang di dalam artikel tersebut.

Jadi buat mereka termotivasi untuk membaca (atau setidaknya skimming) dan untuk mengetahui lebih lengkap baca selauruh konten Anda.

Gunakan Gambar

Gambar yang sangat bagus untuk digunakan menjadi konten Anda karena beberapa alasan.

Pertama, gambar membuatnya mudah bagi pembaca untuk mencerna informasi tanpa harus membaca melalui teks yang cukup banyak. Ini membuatnya ideal bagi mereka dengan rentang perhatian yang pendek atau mereka yang sekadar malas membaca.

Kedua, gambar menghubungkan titik-titik dan berfungsi sebagai cara yang efektif untuk menjembatani informasi secara bersama-sama.

Ketiga, gambar dapat terlihat lebih menarik. Manusia sangat menikmati melihat gambar atau bentuk visual lainnya, dan grafik di bawah ini menunjukkan kepada kita betapa pentingnya konten visual untuk marketing.

cara membuat konten

Jika ada ketidakpastian tentang poin Anda yang dijelaskan melalui teks, Anda dapat memperjelasnya dengan menambahkan gambar.

Screenshot akan sangat ideal karena audience Anda dapat melihat apa yang sedang Anda bicarakan, yang sangat meminimalkan potensi miskomunikasi.

Buat Audience Anda berinteraksi

Keterlibatan (engagement) merupakan aspek penting dari konten yang actionable, dan Anda ingin memastikan bahwa audiens Anda mengambil sebuah tindakan.

Anda ingin mereka menjadi peserta dan bukan hanya pengamat.

Sayangnya, memproduksi konten menarik adalah salah satu kendala utama yang dihadapi marketer, dan studi telah menemukan bahwa 58 persen dari marketer menganggap ini sebagai tantangan terbesar mereka.

Jadi bagaimana Anda bisa meningkatkan interkasi dengan pembaca/audience?

Ada berbagai jenis media yang dapat membantu.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gambar dapat menjadi sangat kuat.

Beberapa media lainnya meliputi:

  • Infografis
  • video
  • GIF
  • Memes

Berikut ini contoh dari infografis yang cukup menarik audience tentang jenis font.

Typography-Principles-Inforgraphic

Cara Membuat konten yang Efektif dengan Menggunakan Contoh

Ketika Anda masih sekolah atau kuliah, para profesor atau guru memiliki kecenderungan untuk menggunakan contoh-contoh nyata.

Dengan demikian, mereka mampu mengambil konsep yang sangat abstrak dan menjelaskan dengan cara yang siswa yang masih muda bisa dengan mudah memahaminya.

Menggunakan contoh adalah sangat penting dalam konten marketing.

Meskipun Anda mungkin tidak akan menjelaskan teori-teori trigonometri canggih dan metafisika Aristoteles, contoh-contoh konkret adalah cara jitu untuk membuat konten Anda lebih actionable.

Cara yang paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan salah satu frase tunggal “Misalnya, atau contohnya”

Kami banyak menggunakan contoh dalam artikel DigitalMarketer.id, berikut ini salah satunya:

cara membuat konten

Jika ada keraguan atau kebingungan dalam pikiran pembaca Anda, Anda dapat dengan cepat menghilangkannya dengan memberikan beberapa contoh.

Atau jika Anda tidak memiliki waktu untuk mencakup topik yang intensif dalam posting Anda, Anda dapat memberikan link ke sumber (eksternal atau internal) yang mencakup topik secara rinci dan lebih baik.

Tapi ingat bahwa biasanya ada perbedaan dalam hal tingkat pengetahuan pembaca Anda . Sementara beberapa mungkin tahu persis apa yang Anda bicarakan, orang lain mungkin tidak memiliki petunjuk.

Jika ragu, Anda dapat memastikan bahwa setiap orang dapat memahami apa yang Anda bahas dengan menawarkan beberapa contoh yang bagus atau bacaan tambahan.

Gunakan Statistik

Bagi Anda yang mungkin telah membaca beberapa artikel DigitalMarketer.id, ada beberapa statistik dalam kontennya.

Menambahkan beberapa statistik dalam artikel adalah cara yang sangat efektif untuk mendukung argumen yang dibuat dan membuat konten Anda lebih mempunyai kredibilitas.

Misalnya, contoh berikut ini:

Menggunakan Video Facebook untuk Pemasaran Bisnis Anda

Jika Anda benar-benar ingin menekankan salah satu poin dalam konten Anda, Anda bisa mengunakan statistik yang relevan dan gunakan pada konten Anda.

Untuk dampak yang lebih besar, mencoba gunakan grafik atau diagram yang menampilkan statistik seperti di atas.

Ini seperti menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus memberikan bukti nyata dan menarik bagi keinginan bawaan audiens Anda untuk visual.

Jawaban Semua Pertanyaan Penting

Anda masih ingat poin yang telah dibahas sebelumnya tentang jelaskan apa yang pembaca akan papatkan?

Yah, itu sama pentingnya bahwa Anda kembali untuk memastikan bahwa Anda telah menutupi segala sesuatu dan sepenuhnya menjawab pertanyaan yang mungkin audience sudah terpikirkan terlebih dahulu.

Dengan Google menempatkan lebih banyak perhatian pada pencarian semantik(kata-kata) dengan pembaruan algoritma Hummingbird, itu penting bahwa Anda fokus pada apa yang pengguna butuhkan dan bahwa tidak ada tanda tanya yang tertinggal.

Salah satu cara yang saya menangani ini adalah untuk menempatkan diri pada posisi rata-rata pembaca Anda. Saya bertanya pada diri sendiri:

  • Pertanyaan apa yang mungkin mereka miliki?
  • Apa permasalahan mereka?
  • Apakah konten saya mengatasi permasalahan tersebut?

Setelah menyelesaikan draft pertama, saya ingin kembali di atasnya untuk melihat apakah aku meninggalkan informasi penting apapun.

Jika demikian, saya hanya membuat penyesuaian yang diperlukan sehingga saya menutupi segala sesuatu untuk yang terbaik dari kemampuan saya.

Gunakan CTA yang jelas

Membuat Call to Action (CTA) merupakan aspek marketing yang terdengar sangat mudah di atas kertas.

Tetapi ketika Anda sampai ke sana, itu bisa sangat sulit untuk membuat CTA yang sempurna .

Itu karena ada sejumlah faktor yang berbeda dan variabel yang terlibat dengan proses, dan jika Anda mengacaukan satu detail kecil, itu dapat menghancurkan tingkat konversi Anda secara keseluruhan.

Ketika membuat CTA, Anda harus ingat bahwa itu harus membangkitkan rasa urgensi.Itu karena jika seseorang tidak pergi ke depan dan menyelesaikan tindakan segera mereka mungkin tidak akan pernah.

Sebagai contoh, seseorang mungkin akan tertarik untuk membeli sebuah produk, tetapi mereka tidak selalu terdorong untuk melakukan pembelian pada saat ini.

Pada gilirannya, mereka mungkin menunjuk halaman atau copy paste URL hanya untuk melupakannya dan tidak pernah kembali.

Ini jelas tidak akan melakukan apapun yang baik karena tidak peduli seberapa tertarik mereka dengan produk Anda, itu tidak mengakibatkan penjualan yang sebenarnya.

Jadi apa resep untuk menciptakan CTA jelas?

  • Membuat pendek dan manis
  • Menyampaikan manfaat
  • Membuat pembaca penasaran
  • Buat tombol CTA (ini telah terbukti meningkatkan konversi oleh 62 persen)
  • Percobaan dengan pengujian split testing (misalnya mencoba warna yang berbeda, font atau posisi CTA)

Anda juga akan ingin membuang dalam beberapa kata-kata persuasif. Ada juga beberapa kata yang paling persuasif Anda dapat gunakan meliputi:

  • Anda
  • Gratis
  • Bonus
  • Karena
  • Segera
  • Baru

Kesimpulan

Kemampuan untuk membuat orang melakukan action mungkin agak diremehkan di ranah konten pemasaran, namun itu sangat penting. Tidak hanya membantu membangun konten Anda menjadi lebih berharga dan dapat dipercaya, itu penting untuk mendorong keterlibatan dan akhirnya memaksimalkan tingkat konversi Anda.

Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat memiliki dampak yang kuat pada audience Anda dan akan melihat hasil yang lebih bagus dari usaha Anda.

Apakah Anda memiliki cara membuat konten yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan membuat pembaca mengambil suatu tindakan? Anda bisa berbagi terntang cara membuat konten dengan DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini

 

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!