Result Pencarian Produk Anda di Page Google Kurang OK? Perhatikan Penulisan Meta Description!

Result Pencarian Produk Anda di Page Google Kurang OK? Perhatikan Penulisan Meta Description!

Menjalankan bisnis online tidak akan selalu berjalan mulus. Terutama bagi Anda yang baru memulainya.

Tantangan dalam menjalankan bisnis online salah satunya adalah di bagian marketing atau pemasaran produk.

Anda mungkin sudah berusaha untuk menulis deskripsi produk, mengoptimasisasi image Anda, dan menguasai elemen-elemen lain untuk menghasilkan SEO yang bagus.

Hasilnya masih segitu juga?

Nah, tandanya Anda masih punya kendala yang sama seperti pemilik bisnis lainnya.

Loh, rasanya sudah bagus, apa lagi nih yang kurang?

Ada satu aspek dari SEO yang menyulitkan Anda dalam menjalankan bisnis online, yaitu meta description.

Meta description? Bukannya itu bagian kecil saja ya?

Eh, eh, eh!! Kalau Anda berpikir seperti itu, sebaiknya buang jauh-jauh dari sekarang.

Kenapa? Karena bagian kecil ini juga merupakan salah satu bagian yang akan menentukan bagus tidaknya SEO produk Anda!

Penasaran sebenarnya apa itu meta description dan seberapa jauh pengaruhnya dalam SEO di Google dan membantu Anda saat menjalankan bisnis online?

Baca artikel ini sampai akhir!

Mari kita mulai pembahasannya..

Menjalankan Bisnis Online dan Ingin Memasarkan Produk? Anda Harus Perhatikan ini dulu.

Apa itu Meta Description?

Ada di antara Anda yang tidak familiar dengan meta description?

Ini penjelasan singkatnya.

Waktu Anda mencari satu keyword di Google, misalkan saja “temporary tattoos” kita gunakan sebagai contoh.

Anda akan diarahkan ke SERP (search engine results page) alias page yang menampilkan result dari keyword yang Anda masukkan.

Ini page yang ribet, tapi coba kita abaikan semua iklan, gambar, dan video.

Kita fokus ke result yang organik ya (organik adalah hasil pencarian yang manual tanpa bantuan dari iklan atau hyperlink dari suatu platform dll).

Muncul hasilnya seperti ini

1

Kata-kata yang biru di bagian atas disebut “Title Tag.” Itu adalah title dari web page.

Di bawahnya, Anda akan melihat deskripsi yang kurang dari 160 karakter.

Nah, inilah yang disebut meta description.

Mengapa Meta Description Penting? Mari Kita Gali Lebih Dalam.

Gini, membaca meta description orang lain bisa membuat prosesnya terlihat sederhana.

Tapi untuk orang yang menulisnya, ini adalah hal yang sulit loh!

Bisa Anda bayangkan, menulis meta description dengan batas 160 karakter? Artinya Anda perlu menjelaskan sesuatu secara simple tapi mudah dipahami pembaca.

Deskripsi yang bagus itu adalah deskripsi yang akan memberikan gambaran dari sebuah web. Juga memberikan dorongan kepada orang untuk mengklik title tag.

Kalau title tag dan meta description menarik, orang akan langsung mengklik link untuk mencaritahu lebih lanjut.

Berikut ini adalah meta description yang bagus.

2

Kalau Anda memperhatikan, meta descriptionnya kurang dari 160 kan?

Cara yang cerdas dengan memasukkan nama toko juga!

Pada contoh, tiga kata pertama yang muncul, yaitu “Death Wish Coffee,” Anda sudah akan langsung tahu apa yang dijual oleh perusahaan dan apa yang dijelaskan oleh brand tersebut.

Kemudian Death Wish ada mengatakan “top online coffee-seller.”

Dengan kata-kata ini, mereka memposisikan diri sebagai yang terbaik, membiarkan pembaca tahu kalau mereka ini adalah toko ecommerce dan menegaskan kembali kalau mereka menjual kopi.

Kata berikutnya merupakan pendukung kalau Death Wish adalah yang terbaik.

Mereka adalah perusahaan yang etis (“fair-trade”), menggunakan bahan terbaik (“organic”) dan memastikan kalau customer mendapat secangkir kopi yang diinginkan (“high-caffeine”).

Kata “blends” menekankan Death Wish sebagai experts, ini berguna untuk meyakinkan customer bahwa produk kopi dari mereka merupakan yang terbaik.

Kita lihat di paragraf kedua dari meta description, brand mengulang konsep dasar dari Death Wish dengan mengatakan “… we have the world’s strongest coffee!”

Kalau dijadikan satu kalimat, ini adalah copywriting yang bagus!

Menulis Meta Description di Product Page

Menulis meta description untuk product page sedikit lebih mudah dibandingkan menulis deskripsi home page, karena product page Anda tidak akan menjelaskan bisnis Anda secara keseluruhan tapi lebih fokus ke arah product.

Ada baiknya kalau menulis soal benefit untuk pembeli.

Menjual peralatan dapur seperti spatula? Beritahu ke pembaca kalau spatula yang Anda jual akan memudahkan mereka saat memasak.

Menjual mesin pemotong rumput? Berikan gambaran kepada pembaca kalau memakai produk Anda itu, memotong rumput menjadi cepat dan rapi.

Sebagai contoh, cek meta description dari So Worth Loving sticker di bawah ini.

3

Dari deskripsi yang ada, mengapitalisasikan meta description merupakan salah satu cara untuk menggerakkan orang, tapi tidak disarankan untuk mengapitalisasikan semuanya ya.

Efeknya? Ternyata bisa untuk menarik perhatian orang!

Ini juga akan membantu Anda untuk memisahkan catatan dari teks.

Anda butuh sesuatu yang menjadi pembeda antara produk Anda (ini yang dilakukan oleh So Worth Loving sticker) dengan produk sejenis lainnya.

Jadi nanti customer bisa membayangkan sendiri ketika mereka menggunakan produk tersebut.

Deskripsinya berisi kegembiraan yang akan didapat oleh customer waktu melihat sticker itu sebagai “best little reminder,” dan mudah ditempel. Ini ada pada “Stick them on your car, laptop, water bottle, wherever you want to see them.”

Untuk akhirannya, juga sangat bagus.

Mereka sengaja menggunakan kalimat yang tidak selesai sehingga orang menjadi greget untuk membaca kelanjutannya serta menciptakan rasa penasaran, kemudian mereka klik title tag.

Kalau mau menggunakan strategi ini untuk menjalankan bisnis online, Anda harus memberi perhatian terhadap penulisan meta description.

Penasaran untuk mengecek dan melihat bagaimana tampilannya di Google, gunakan tool ini.

Cara Menulis Meta Description

Ok, kita sudah bahas secara singkat dan pastinya lebih mengerti apa itu meta description.

Sekarang mungkin Anda memikirkan cara terbaik untuk mengaplikasikan wawasan ini ke bisnis Anda.

Pertama, fokus pada sesuatu yang dapat memaksa para pencari untuk mengklik title tag Anda.

Dan hal itu harus bisa menjawab 2 pertanyaan tentang :

  1. Apa yang Anda tawarkan?
  2. Mengapa saya harus memberi dari Anda?

Untuk product page, pertanyaan pertama memiliki jawaban yang simple : tinggal menawarkan produk.

Kalau pertanyaan kedua, bisa diselesaikan dengan fakta simple seperti Anda adalah satu-satunya yang menjual produk tersebut.

Meta description untuk home page sedikit ribet.

Seperti yang kita lihat dicontoh Death Wish Coffee, hal yang bagus adalah mengulang-ulang brand Anda.

Itulah satu hal yang bisa Anda tawarkan dan itulah alasan mereka (customer) harus membeli dari Anda.

Biarkan customer tahu apa yang Anda lakukan.

Kasih tahu mereka tentang proposisi penjualan unik Anda, dan sampaikan informasi ini beberapa kali karena meta description bukan tempat yang bisa menyampaikan info secara detail.

Berjuang untuk menemukan meta description yang efektif untuk home page itu biasa, jadi yang bisa Anda lakukan adalah tetap sabar dan berpikir keras tentang brand Anda.

Kalau Anda sudah menjalankan bisnis online, Anda bisa mengumpulkan feedback dari customer tentang bisnis Anda.

Kalau Anda baru mau memulai bisnis, pikirkan apa yang membuat bisnis ini akan mendapatkan customer.

Kapan Mulai Menulis Meta Description

Tidak perlu buru-buru. Artikel ini tidak meminta Anda untuk langsung segera mengecek dan memastikan kalau semua page Anda punya meta description.

Google secara otomatis akan menciptakan description dengan cara menariknya dari content yang ada di page Anda kemudian prosesnya akan menjadi lebih felksibel.

Menulis meta description bukan hanya untuk meningkatkan SEO Anda, ini juga akan memaksa Anda untuk meringkas semua keseluruhan page menjadi beberapa kata saja dan kata-kata ini yang disebut kalimat topik.

Kesimpulannya…

Walaupun terlihat sepele, ternyata meta description penting dalam meningkatkan SEO.

Meta description ini menjanjikan kalau toko online Anda akan lebih mudah untuk ditemukan pada result pencarian di Google.

Hal ini akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis online.

Lalu poin yang bisa disimpulkan ketika Anda menulis meta description adalah

  1. Deskripsi Anda tidak bisa lebih dari 160 karakter.
  2. Fokus ke customer.
  3. Ulangi lagi dan lagi.

Sampai di sini pembahasan kita tentang meta description.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis online.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Baca juga artikel yang masih berhubungan dengan topik ini untuk menambah wawasan Anda :

Anda punya kesulitan atau cerita menarik ketika menulis meta description atau menjalankan bisnis online?

Sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.