Panduan Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online Terbaik

Bisnis Online Terbaik

Modernisasi benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya melalui jejaring sosial. Bahkan, melalui media sosial telah membentuk ruang publik, di mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya.

Berdasarkan kutipan berita yang dilansir dari Vivanews.com pada 17 Maret 2011, menurut survei yang dilakukan oleh Candytech pada tahun 2011, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna Facebook terbanyak, yakni hampir mencapai 34 juta anggota, atau tepatnya 33.920.020 anggota. Hal Ini tentu menjadi peluang bagi mereka yang ingin mendapatkan kesempatan untuk melakukan bisnis online terbaik. Media sosial dianggap sebagai strategi jitu untuk memasarkan produk atau jasa secara online.

Namun, media sosial tak hanya terpaku pada Facebook saja. Melainkan, juga terdapat Twitter, Google+, blog, forum, Linkedln, Pinterest, dan lain-lain. Jadi, bagaimana cara Anda untuk menetapkan media sosial sebagai langkah untuk strategi pemasaran Anda?

Gunakan Media Sosial dengan Hati-Hati

Mengapa media sosial sangat penting untuk keberlangsungan bisnis online terbaik Anda?

Jawabannya sederhana. Media sosial merupakan platform sempurna yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan customer yang sudah Anda dan customer potensial lainnya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Namun, jika Anda menggunakan media sosial untuk membantu strategi pemasaran, maka Anda perlu berhati-hati. Oleh sebab itu, poin-poin berikut harus Anda perhatikan terlebih dulu:

  • Menjawab semua pertanyaan dari semua calon customer potensial
  • Bersiaplah untuk meminta maaf jika terdapat customer yang mengalami masalah di situs website Anda
  • Jika terdapat customer atau calon customer mengeluh, maka jangan segan-segan untuk minta maaf. Pecahkan masalah dan dapatkan kembali kepercayaan customer

Jangan mengabaikan poin-poin di atas. Jika sekali saja Anda mengabaikan dan tidak menanggapi calon customer di media sosial, maka hal tersebut akan menjadi citra yang buruk bagi bisnis online Anda.

Manfaat Media Sosial Sebagai Penunjang Bisnis Online Terbaik Anda

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut adalah keuntungannya bagi bisnis online terbaik Anda:

Perluas Jaringan

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.

Meningkatkan Visibilitas

Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkan customer tahu dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers (pengikut)  dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran-penawaran terbaik untuk meraih hati customer.

Followers Lazada

Contohnya, Anda dapat melihat akun Twitter pada Lazada. Dalam capture di atas dapat dilihat bahwa Lazada memiliki followers sebanyak 73,2K atau yang setara dengan 73 ribu lebih follower. Dengan banyaknya followers pada akun Lazada, hal tersebut semakin memungkinkan Lazada memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Dengan  menggunakan media sosial, hal tersebut merupakan langkah terbaik untuk pemasaran Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan konten online dengan tujuan agar publik tahu lebih banyak tentang bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menangani customer Anda. Misalnya, Anda ingin berjualan online dan menerapkan sistem dropship dengan mengambil produk dari www.Supplier.id. Setelah mempunyai produk, Anda bingung harus memulainya dari mana untuk menjual produk secara online. Untuk itu, Anda harus mencari konten-konten yang dapat memberikan edukasi untuk Anda, misalnya seperti halnya artikel-artikel yang ada di DigitalMarketer.id.  Nah, itulah mengapa menambahkan konten baru yang banyak dibutuhkan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan untuk menciptakan hubungan baik dengan customer potensial. Hal tersebut juga untuk meningkatkan loyalitas merek dan jaringan customer. Bahkan, dalam konten tersebut, Anda juga bisa menyisipkan soft selling dengan menyinggung beberapa produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Menjaga Hubungan Baik dengan Menerima Kritik dan Saran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, media sosial akan menciptakan ruang publik baru. Itu artinya, Anda harus bersiap-siap menerima saran ataupun kritikan dari customer melalui kolom komentar. Jika ada saran terkait dengan permintaan baru sebuah produk, maka Anda juga harus berusaha untuk memenuhi permintaan calon customer tersebut. Pun jika terdapat kritikan untuk bisnis online Anda, maka jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau menawarkan solusi terhadap masalah-masalah yang muncul.

Jilbab Indonesia FIIXXXX

Contohnya, hal ini bisa Anda lihat pada Fanpage Jilbab Indonesia di Facebook. Jilbab Indonesia adalah salah satu toko online yang menjual jilbab maupun busana islami untuk wanita muslim. Baik pada gambar capture di atas ataupun pada halaman fanpage, admin secara aktif menanggapi saran, kritikan, ataupun pertanyaan dari customer potensial. Aktifnya admin Jilbab Indonesia, berpengaruh besar terhadap like, komentar, serta share yang dapat menambah jangkauan customer-nya.

Panduan untuk Menggunakan Media Sosial Sebagai Pemasaran

Sebelum Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang harus Anda ketahui adalah, apa tujuan bisnis Anda? Apa target yang ingin Anda capai dengan melakukan pemasaran melalui media sosial? Siapakah target market Anda, dan bagaimana mereka menggunakan media sosial? Apa pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon customer melalui media sosial nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Hal ini sebagai rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda dengan bantuan media sosial.

Pada intinya, strategi pemasaran melalui sosial media yakni untuk mengembangkan tujuan Anda. Misalnya seperti:

  • Mendapatkan traffic ke situs website Anda
  • Konversi
  • Kesadaran akan sebuah merek
  • Menciptakan identitas merek
  • Komunikasi dan interaksi dengan calon customer

Strategi Pemasaran Bisnis Online Terbaik dengan Memanfaatkan Media Sosial

gAMBAR DALAM

Berikut adalah beberapa tips untuk strategi pemasaran media sosial agar tetap pada jalur yang benar!

  • Perencanaan: Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dengan menentukan rencana pemasaran melalui media sosial sangat lah penting. Untuk itu, ada baiknya untuk Anda melakukan survei kata kunci dan memikirkan ide terkait dengan konten yang dapat menarik target market Anda.
  • Konten Penentu: Pastikan Anda menawarkan informasi menarik yang idealnya dibutuhkan oleh calon customer Anda. Agar konten Anda tidak terkesan membosankan, Anda dapat secara bergilir menjadwalkan antara konten text, gambar, video, ataupun info grafik.
  • Konsisten Terhadap Brand Image: Menggunakan sosial media untuk pemasaran akan memproyeksikan citra merek Anda di berbagai platform media sosial. Sementara masing-masing platform media sosial mempunyai karakteristik dan target pengguna berbeda-beda, namun identitas bisnis online terbaik yakni dengan tetap konsisten mempertahankan Brand Image
  • Blog: Blog sendiri adalah alat pemasaran yang memungkinkan Anda berbagi tentang berbagai macam informasi dan konten dengan pembaca di media sosial dalam jumlah besar.
  • Link: Ketika menggunakan media sosial untuk strategi pemasaran, terutama jika Anda mengandalkan pemasaran dengan cara berbagi konten asli dan unik untuk mendapatkan followers dan fans, maka jangan ragu untuk memberikan link dari konten luar. Jika link tersebut mempunyai sumber yang kuat dan meyakinkan, ditambah dengan topik konten yang menarik dan ingin diketahui oleh banyak orang, hal tersebut sah-sah saja.
  • Mengukur Keberhasilan dengan Analytics:  Anda tidak dapat menentukan keberhasilan dalam menjalankan strategi pemasaran menggunakan media sosial, tanpa adanya pengukuran yang jelas. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat yang dapat membantu Anda mengukur keberhasilan ketika Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran. Google Analytics akan menunjukkan tag pelacakan strategi pemasaran, sehingga dapat memantau keberhasilan pemasaran melalui media sosial.

 

Cara Menjalankan Strategi Pemasaran Menggunakan Berbagai Platform Media Sosial

Berikut adalah kumpulan gambaran singkat tentang cara menggunakan media sosial untuk strategi pemasaran sesuai dengan masing-masing platform. Berbagai situs media pemasaran media sosial akan memerlukan teknik yang berbeda-beda. Jadi, kembangkan strategi yang sesuai dengan  platform yang Anda pilih.

Facebook

FP SIP

Dari sekian banyakn media sosial, Facebook adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Untuk menggunakan Facebook sebagai strategi pemasaran, mulailah dengan membuat Fanpage Facebook utnuk keperluan bisnis online Anda. Perhatikan tata letak dan komponen visual adal;ah salah satu kunci untuk meraih banyak followers. Halaman fanpage pada Facebook dibentuk untuk membangun hubungan baik antara calon customer dengan Anda. Bukan hanya itu, Anda juga dapat memosting konten-konten lainnya, misalnya seperti artikel yang masih ada kaitannya dengan bisnis Anda, gambar, video, info grafik, dan masih banyak lagi lainnya.

Google+

gOOGLE+ SIP

Google+ adalah pesaing baru bagi platform media sosial yang ada. Dengan menggunakan Google+ untuk media sosial, Anda dapat meng-upload, berbagi foto, video, link. Anda juga dapat memanfaatkan menu Google+ Circles untuk membagi followers Anda ke dalam kelompok-kelompok kecil. Sehingga, memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dengan beberapa followers yang sudah Anda pilih. Anda juga dapat mencoba hosting konferensi video dengan Hangouts dan mencoba fitur Experiment dengan cara-cara yang kreatif.

 

Pinterest

pINTEREST fIX

Pinterest merupakan platform media sosial terbaru yang dapat dicoba sebagai strategi pemasaran bisnis online terbaik Anda. Pinterest akan memungkinkan usaha kecil untuk menampilkan penawaran produk mereka sendiri dengan beberapa pinboards yang unik.

 

 

Twitter

tWEET FIX

Twitter adalah alat pemasaran media sosial yang memungkinkan Anda menyiarkan pembaruan Anda di seluruh website. Untuk mendapatkan followers, Anda dapat mem-follow beberapa akun Twitter sejenis, yang masih memiliki bidang usaha atau bisnis yang sama. Hal tersebut  dilakukan dengan maksud untuk memancing followers. Selalu perbaharui tweet Anda terkait dengan penawaran spesial, diskon, dan update konten menarik dengan cara-cara yang kreatif dan menyenangkan. Pastikan untuk selalu me-retweet jika terdapat testimoni baik dari customer Anda. Jika Anda menggunakan Twitter sebagai alat pemasaran, itu artinya Anda juga harus aktif untuk berinteraksi dengan calon customer yang potensial.

Linkedln

lINKEDLN SIP

Linkedln adalah salah satu situs pemasaran media sosial yang lebih profesional. Grup Linkedln adalah tempat yang sempurna untuk memasuki sebuah diskusi profesional dengan orang-orang yang berada di industri yang sama dan menyediakan tempat untuk berbagi konten secara individu.

Buatlah profil Linkedln Anda lebih meyakinkan. Rekomendasi pada profil Linkedln akan membuat bisnis Anda muncul lebih kredibel dan dapat diandalkan oleh customer baru. Telusuri juga pertanyaan yang ada di Linkedln. Memberikan jawaban akan membantu Anda mendapatkan simpatik dan memperoleh kepercayaan customer.

YouTube

uTUB fIX

YouTube merupakan alat pemasaran yang tepat untuk konten video. Banyak perusahaan mencoba untuk membuat konten video yang kreatif dan menarik. Jika Anda ingin menggunakan YouTube sebagai alat pemasaran, maka lebih perbanyak lah konten video yang bersifat instruktif. Misalnya “Bagaimana untuk (How to)”. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil pencarian video dari Google. Jadi, tetap perhatikan konten dan kata kunci dari video yang akan Anda buat.

Pada intinya, memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran memang langkah jitu untuk membangun bisnis online terbaik. Namun, hal tersebut akan sia-sia jika akun media sosial Anda tidak memiliki banyak Followers. Untuk itu, bagaimanapun caranya dan apapun platform media sosial yang Anda pilih,  Anda harus berusaha mendapatkan banyak followers terlebih dahulu. Semoga membantu.

Subscribe For Updates

Subscribe For Updates

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our programs.

You have Successfully Subscribed!