Strategi Sosial Media Marketing untuk Bisnis Berskala Kecil

strategi sosial media marketing

Ingin menggunakan sosial media untuk memasarkan bisnis kecil Anda? tapi tidak yakin dari mana untuk memulai? Berikut ini strategi sosial media marketing untuk memasarkan bisnis kecil Anda.

Biasanya bisnis berskala kecil, tidak mempunyai cukup sumber daya untuk menjalankan strategi sosial media marketing yang memerlukan biaya yang cukup besar.

Namun, menggunakan sosial media dalam pemasaran bisnis skala kecil dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Bahkan, beberapa strategi tersebut adalah strategi yang cukup sederhana.

Berikut ini beberapa strategi sosial media marketing untuk bisnis skala kecil, yang bisa Anda praktekkan nantinya.

Strategi Sosial Media Marketing dengan Membangun Kredibilitas

Membangun kredibilitas untuk bisnis Anda di sosial media tidak serumit kedengarannya. Ingin tahu mengapa?

Karena Anda tidak harus memiliki pengikut/follower yang besar untuk melakukannya!

Sebagai bisnis lokal, bukan menghubungkan dengan banyak orang, Anda hanya perlu menghubungkan dengan orang-orang yang tepat.

Anda dapat memulai proses ini dengan membangun apa yang disebut dengan brand awareness. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi sempurna dari siapa Anda baik online dan offline.

Mulailah dengan menggambarkan identitas brand Anda melalui visual. Dari logo website, blog dan di sosial media Anda ,Anda perlu merancang tampilan dan nuansa yang cocok dengan persona bisnis Anda.

Menemukan seseorang yang dapat membantu menciptakan grafis yang cocok dengan esensi yang. Buat visual menawan dan profesional yang mewakili Anda dan bisnis Anda.strategi sosial media marketing

Ada begitu banyak orang yang dapat membantu Anda dengan proses ini, dan Anda akan dapat menemukan seseorang terlepas dari apa anggaran Anda.

Atau, jika Anda memiliki lebih banyak waktu daripada uang, Anda dapat memilih berbagai tool (banyak dari mereka gratis) dan belajar bagaimana untuk membuatnya sendiri.

Ada banyak tool gratis yang tersedia secara online untuk membuat logo bisnis Anda seperti Logo Generator by Spaces, GraphicSprings Logo Creator, Logaster.

Menarik Customer Potensial

Jika Anda ingin belajar bagaimana menggunakan strategi sosial media marketing untuk bisnis kecil, Anda bisa menggunakan Facebook dan Instagram untuk menarik calon customer baru.

strategi sosial media marketing

Jika Anda ingin melakukan ini untuk bisnis lokal Anda juga, langkah pertama adalah untuk memastikan setup geotagging pada Anda page Bisnis Facebook dengan benar.

Anda ingin orang untuk dapat check-in ketika mereka sedang berada di tempat Anda, seperti café misalnya. Setiap kali seseorang melakukan itu, itu bisa menjadi iklan gratis untuk karena semua teman-teman mereka akan melihat mereka check-in.

Pengguna Facebook rata-rata memiliki 100 teman, dan Anda mempunyai kesempatan untuk menarik mereka menjadi customer potensial.

Plus, jenis posting tersebut adalah bentuk promosi yang lebih baik dari bost psot post karena cek-in dari customer yang nyata (bukan boost post atau iklan).

Anda juga bisa menawarkan insentif/bonus khusus bagi orang-orang yang check-in di tempat bisnis Anda.

Misalnya, jika mereka check-in mendapatkan diskon 10% saat mereka melakukan pembelian berikutnya. Anda dapat memberikan bonus apapun yang Anda inginkan!

Anda juga bisa memperbarui cover Facebook dan ditambah dengan posting Instagram.

Dengan melakukan 3 hal tersebut, bisa dikatakan tanpa biaya, Anda mampu mempromosikan bisnis Anda.

Ini adalah contoh yang bagus dari bagaimana bisnis kecil Anda mampu menarik customer yang tepat .

Alih-alih mencoba melemparkan jaring lebar dan menarik sekelompok orang yang mungkin atau mungkin tidak tertarik dengan bisnis Anda, Anda bisa fokus untuk berhubungan dengan target pasar Anda.

Bahkan perubahan kecil dapat membuat dampak besar pada pemasaran sosial media Anda!

Membangun Relasi di Sosial media

Dalam dunia sosial media, koneksi adalah segalanya.

Apakah Anda di LinkedIn membangun jaringan profesional Anda atau merespon tweet di Twitter bisnis Anda, penting membangun koneksi dengan rekan-rekan bisnis lain atau bahkan yang sudah ahli di sosial media.

Sebagai pemilik bisnis kecil Anda mungkin membayangkan, menghabiskan waktu berharga untuk rekan-rekan di sosial media akan percuma.

strategi sosial media marketing

Jangan khawatir! Ada beberapa saran yang bagus untuk Anda agar Anda membangun relasi Anda sukses

Sempatkan untuk menjadwalkan konten di sosial media untuk minggu depan. Anda bisa membuat waktu khusus untuk bekerja menjadwalkan konten Anda, misalnya hari jumat.  Lalu, mengapa hal ini membantu Anda?

Konten Anda telah Anda setup untuk minggu depan, jadi Anda dapat mengecek sosial media 15 menit di pagi hari dan 15 menit di malam hari untuk merespon komentar, menjawab pertanyaan dan waktu yang lain Anda bisa membangun koneksi dengan rekan-rekan Anda.

Bedakan Upaya Pemasaran Anda

Ada sebuah pepatah yang berbunyi, “Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang.”

Sama seperti dengan offline marketing Anda, Anda pasti harus bisa membedakan upaya pemasaran online Anda.

Apakah ini berarti Anda harus muncul di setiap sosial media? Itu tidak perlu.

Maksutnya adalah Anda harus benar-benar fokus tentang siapa target audience Anda.

Alih-alih berfokus pada demografi customer yang Anda miliki, pertimbangkan berfokus pada customer yang ingin Anda dapatkan.

Informasi ini yang akan memberitahu Anda sosial media mana yang harus diberikan lebih banyak waktu untuk mengelolanya.

Ketika Anda mempelajari lebih banyak tentang bagaimana menggunakan sosial media untuk memasarkan bisnis kecil Anda, sosial media mana yang harusnya Anda gunakan akan semakin jelas.

Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang sosial media mana yang perlu Anda gunakan, ini adalah gambaran dari beberapa website sosial media yang dapat Anda pertimbangkan.

Sosial media yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda.

  • Facebook (pastikan untuk setup geo-targeting)
  • Instagram (bagus untuk usaha kecil)
  • Twitter (menyimak percakapan di Twitter akan memberikan pemahaman yang bagus)

Setelah Anda memutuskan sosial media mana yang akan Anda gunakan, Anda bisa mempromosikan konten Anda secara menyilang antar sosial media yang telah Anda pilih.

Dengan diversifikasi pemasaran online Anda, Anda akan memperluas jangkauan bisnis Anda lebih dari yang Anda bahkan dapat membayangkan.

Repurpose Konten-konten terbaik Anda

Ketika Anda belajar bagaimana menggunakan strategi sosial media marketing dalam bisnis Anda, Anda akan sangat cepat melihat bagaimana membuat konten baru dapat memakan banyak weaktu.

Untuk itu, Anda bisa menjadi master repurposing!! repurpose konten ini adalah menyesuaikan kembali tujuan dari konten-konten terbaik Anda.

Repurposing konten adalah cara brilian untuk menempatkan bentuk-bentuk baru dari konten yang sudah ada. Mari kita jelaskan.

Katakanlah Anda tweet tentang sesuatu yang Anda dan audiens Anda sukai.

Tahukah Anda bahwa Anda bisa menggunakan kembali tweet yang menjadi sedikitnya 13 konten lain? Yap, Anda bisa!

Apakah Anda pernah melihat seseorang di sosial media yang tampaknya terus membuat konten yang baru?

Jangan bingung antara repurposing konten dengan duplikasi posting Anda pada setiap jaringan sosial.

Jika Anda melakukan duplikasi, orang tidak akan memiliki alasan untuk mengikuti Anda karena mereka akan melihat konten yang sama persis dari sebelumnya.

Sebaliknya, belajar ciri khas setiap platform sosial media. Strategi sosial media ini cukup ampuh.

Beri orang alasan untuk terus mengikuti Anda! Jangan menduplikasi konten Anda secara persis.

Lihatlah setiap bagian dari konten dengan cara yang berbeda untuk setiap platform sosial.

Misalnya, gunakan sebuah kutipan dari posting blog yang terus dibaca orang dengan tweet dan membuat grafik kutipan untuk posting di Instagram.

strategi sosial media marketing

Atau mengambil tips bermanfaat yang Anda berikan kepada seseorang di Facebook dan menggunakannya untuk membuat 2 menit tutorial di Facebook Live Video. Anda bahkan dapat memasukkan video tersebut pada posting blog Anda. Ada banyak cara untuk repurposing konten Anda.

Memperhitungkan Waktu dan Uang

Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu waktu adalah uang.

Jika Anda ingin menggunakan strategi sosial media marketing untuk bisnis skala kecil Anda dalam cara yang paling efisien, penting untuk FOKUS setiap kali Anda mengelola sosial media Anda.

Tentu, ada waktu untuk posting gambar yang lucu, tapi ketika itu selama hari kerja Anda, pastikan untuk fokus pada tujuan Anda!

Berikut 5 cara simpel untuk tetap pada tujuan sosial media Anda.

  1. Menjabarkan tujuan Anda
  2. Tulis tujuan Anda
  3. Membuat rencana untuk secara jelas membuat strategi, objektif dan taktik.
  4. Mengatur deadline dari tujuan yang dapat Anda capai secara realistis.

Jika Anda merasa keluar jalur saat meraih tujuan Anda, Anda bisa melihat lagi rencana yang telah Anda buat dan kembali ke rencana yang telah Anda susun.

Ketika Anda mulai mendapat profit, Anda dapat menggunakan Iklan Facebook dengan mengatur budget Anda (yang sangat dapat dilakukan untuk bisnis kecil).

Anda dapat tetap menjaga anggaran Anda dan juga iklan tersebut tetap bekerja untuk Anda!

Arahkan traffic ke Website/Blog Anda

Website/blog adalah dasar dari semua upaya pemasaran online Anda.

Ini adalah tempat di mana customer potensial untuk memutuskan apakah mereka akan membeli atau tidak produk atau pelayanan bisnis Anda.

Itu yang orang akan ingat ketika mereka berpikir tentang bisnis Anda.

Saran terbaik – melakukan tes atau riset! Jika Anda ingin mengarahkan banyak traffic ke situs web / blog, Anda tidak dapat membuat strategi yang asal dan hanya berdasar dari dugaan Anda saja. Artikel 25 cara simpel untuk meningkatkan traffic website dapat Anda simak untuk inspirasi Anda.

Gunakan tool yang tepat

Sebagai pemilik bisnis berskala kecil, tool yang tepat dapat menjadi teman terbaik Anda.

Tool tersebut akan membantu Anda memudahkan pekerjaan Anda. Menggunakan tool yang tepat akan menghemat waktu dan biaya.

Beberapa Tool yang bisa Anda gunakan adalah:

strategi sosial media marketing

Anda juga bisa mengetahui lebih dalam tentang tool-tool yang dapat mempermudah pekerjaan Anda pada artikel:

Kesimpulan

Perubahan kecil dapat membuat dampak besar pada keberhasilan pemasaran sosial media Anda.

Anda tidak perlu follower yang besar atau selalu ada maupun muncul di setiap sosial media.

Anda hanya perlu, melakukan riset kecil, mengolah beberapa data, membuat strategi dan menggunkan tool untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Anda dapat menggunakan strategi sosial media marketing untuk bisnis kecil Anda tanpa merasa kewalahan atau banyak menghabiskan budget bisnis Anda.

Apakah Anda sudah pernah menggunakan beberapa strategi sosial media marketing untuk bisnis Anda? Anda bisa berbagi tentang strategi sosial media marketing yang lain bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.